Olah Digital

Pertama kali denger kata-kata oldig ini aku udah ndredek duluan alias gemeteran atau jiper deh gitu. Biasa, penyakit orang gaptek hehe. Tapi ya gitu karena butuh akhirnya minta diajarin sama suamiku. Untuk food photography kita ga terlalu banyak butuh oldig, paling-paling yang standar seperti : croping, naikin kontras, benerin white balance, kasih watermarkt, udah selesai. Tapi untuk foto pemandangan wah ga seru banget kalo ga diolah.

Jadi dalam olah digital foto itu, kita bisa pake macem-macem program, dulu aku pake GIMP karena gratis, yang paling terkenal dan kumplit tentu aja Photoshop. Setelah didownlodin sama suamiku kemaren aku seneng banget karena memang GIMP ga kumplit dan tutorial nya ga banyak, sementara kalo photoshop tutorialnya banyak banget di youtube.

Tools

Pertama kali mainan photoshop, akan banyak tools yang bisa kita manfaatkan. Kuncinya adalah berani nyoba. Karena aku ga berani nyoba, ga kaya anak-anak, makanya butuh bimbingan suamiku terus. Padahal kalo berani ya pasti jadi tau kegunaan tools di PS itu apa aja. Aku juga baru banget belajar olah digital ini. Tapi kira-kira yang standar dan perlu untuk bikin foto lebih mendingan terutama ini :

  • Croping
  • Betulin brigtnes-kontras dan level,
  • Maenin warna,  pake auto level atau hue-saturation, suka-suka.

Tools lainnya banyak banget, biar jelas mendingan nonton di youtube lebih seru. Cari aja pake kata kunci ‘Youtube photoshop beginners tutorial’. Contohnya bisa dilihat kumpulan tutorial yang aku link di bawah.

Layers

Kalau mau lebih complicated lagi tapi hasilnya menakjubkan, kita harus berani mainan layers. Awalnya aku pusing deh karena pake GIMP ga segampang di photoshop, tapi lama-lama ngerti. Sistem layers ini suka dibilang ‘sandwich’ karena sistemnya memang numpuk-numpuk kaya sandwich. Gunanya ya macem-macem. Salah satunya yang bikin aku exiting banget kemaren adalah saat aku bisa ngerubah awan! Dan kita bisa juga membuat langit yang terlalu terang jadi lebih gelap tanpa harus pake polarizing filters.  Apapula itu? Lensa kamera  ternyata filtersnya banyaak banget untuk menghasilkan foto yang oke. Hii serem deh, makanya aku ga mau dalemin banget selain pusing, dan printil-printilnya banyak, mahal bok, yang standar-standar aja deh buat lower budget kaya aku gini hehe. Kalau mau liat apa aja filters dalam kamera bisa dilihat disini.

Balik ke soal layers, pokoknya kalo ga mau hasil oldig kita standar ya harus belajar layers. Practise makes perfect, jadi pelan-pelan habis hunting foto aku cobain  tutorial-tutorial di bawah ini, dan hasilnya wow! Aku akan koleksi kumpulan tutorial yang pernah aku pelajari dalam list tutorial di bawah ini. Alon-alon asal klakon, moga-moga lama-lama hasil fotoku makin oke ya.

Kumpulan Tutorial

Berikut ini koleksi tutorial yang aku butuh dan pernah praktekin dikit-dikit. Tinggal klik link di bawah, pelajari baek-baek  dan cobain deh! Hasilnya pasti bikin surprise!

  1. Tutorial ‘photoshop beginners’, kalau mau tau lebih jauh tinggal ulik-ulik aja di youtube bagian 2, 3, dstnya.
  2. Tutorial ‘ layers for beginners’ atau yang ini.
  3. Tutorial  ‘replace sky‘ , cara merubah awan yang jelek banget, jadi awan sesuai mau kita. Bisa juga pake cara yang ini.
  4. Tutorial ‘darken the sky‘,  cara menggelapkan langit yang terlalu harsh menjadi lebih gelap  dengan cara multiply, maenin gradien tool, jadi ga perlu pake polarizing filters.

You May Also Like

About the Author: Agnes