Mei Vakantie: Play Mobil Planet dan Efteling Park

Libur Mei vakantie usah sudah. Dua minggu bo! Capek juga ngeliat anak-anak di rumah melulu hehe. Soalnya sekolah di Belanda banyak buanget liburnya, perasaan baru kapan hari libur, eeh udah libur lagi. Kalo lagi ada duit sih asik bisa jalan-jalan terus, ngajak anak-anak kemana gitu, nah kalo lagi bokek, ngerem anak-anak di rumah melulu juga kasian. Bikin kegiatan buat anak-anak, he emaknya lagi pamalesan dot com.

Alhasil dua minggu ini anak-anak lebih banyak dirumah. Untungnya mereka asik-asik aja. Karena usianya deketan jadi mereka bisa asik nguplek maen berdua. Biasanya kalau ga maen lego bareng, maen playmobil bareng, maen bola, maen boneka, adaaa aja yang dimaenin.

Berhubung ayah bunda ga tega liat anak-anak ga kemana-mana akhirnya mengoreh-ngoreh euro lah, libur dua minggu, diajak keluar dua kali. Yang pertama ke Playmobil Planet di Utrecht, yang kedua ke Efteling Park, park yang kaya Disneyland gitu, tapi temanya fairy tell.

Playmobil Planet

Even ini digelar setahun sekali. Playmobil planet 2010 di Utrech, tempatnya di hall Janbeurs gede banget, mirip pas di acara cinema kids. Tapi bedanya ini mahal banget bayarnya per orang 17,5 euro. Di dalamnya menurutku si ya rada garing, buat anak-anak usia malik ke bawah masih oke sih, tapi buat lala kayanya udah bikin boring. Meskipun di tempat itu ada beberapa atraksi juga selain display-display play mobil yang buanyak banget. Ada hutan gede banget plus binatangnya lucu-lucu dan imut,an, pirate karibian, sirkus, dan macem-macem susuai tema. Ternyata kalo dipajang di etalase gitu lucu juga. Aku jadi terinspirasi pengen bikin museum permainan seperti yang di Roden, Groningen, dan mainannya bisa dimaenin di sebelah perpustakaan yang ingin aku bangun di rumah impianku nanti.

Pokoknya rumah impianku itu ya: rumahnya ga usah gede banget, paling ada satu ruangan gede aja buat pertemuan, yang jelas aku mau bikin perpustakaan dan museum permainan di sebelah rumah utama. Terus aku juga pengen bikin taman di belakang rumah dan taman ini harus go green. Pokoknya rumahku ini kudu go green deh. Harus ada tumbuhan yang banyak mengasilkan oksigen, harus ada alat buat misah-misahin sampah organik dan organik lalu jadi pupuk kompos yang model-model gitu lah maunya.Dan si perpustakaan dan museum permainan ini harus gampang di akses oleh pengunjung.Tempat praktek? hmm sepertinya aku ga ingin deh di rumahku ada tempat praktek, mending cari tempat laen yang ga jauh dari rumahku. Lah koq jadi ngelantur, duh mimpiii…mimpii… memang bukan mimpi namanya kalo ga selangit maunya.

Balik ke soal play mobil planet, disana juga ada beragam atraksi seperti tempat anak-anak mau dihias wajahnya, anak-anakku udah ga suka, ada mewarnai, mereka juga jelas udah ga suka, ada tempat racer, maen balap mobil, malik masih mau naek. Ada springkussen, lala masih seneng loncat-loncat di balon gede ini. Yang paling asik suka kata aik adalah podium disini ada tempat duduk berjejer, anak-anak dan ortu bisa nonton film dengan pemeran utama dari playmobil smua. Trus juga ada pertunjukan. Di tempat-tempat tersebar tentu juga ada tempat supaya anak-anak bisa asik maenin play mobilnya. Yang lucu ada juga suvenir, play mobil kecil-kecil berbentuk tikus. Jadi setelah antri panjang, anak-anak bisa dapet segenggam tikus warna abu-abu setelah mencet tombol apa gitu. Lala kali ini demen di foto dimana-mana, sama play mobil  setinggi anak-anak yang bentuknya macem-macem, ada princes, pemain bola, raja firaun, pirate, pemain sirkus,  plus untung akhirnya bisa foto juga sama si Rico, badut playmobil berbentuk pirate. Yang pasti juga ada tentu aja tempat jualan playmobil dengan diskon 15 persen. Anak-anak dibeliin sama ayah play mobil kecil-kecil yang paling murah. Sampe rumah, sejak bangun di hari sabtu pagi, mereka asik tuh mainan play mobilnya. Ya memang kelebihannya si play mobil ini, mungkin di permainan imajinasi kali ya, meskipun tantangannya memang ga setinggi lego, karena ini udah jadi, cuma bisa dimaenin sesuai imajinasi anak-anak. Dan mungkin karena harganya cukup mahal, atau apa ya, pokoknya playmobil tuh ga di produksi di Asia, ada penjelasannya di museum plaay mobil mungil. Dan omsetnya per taun gilee ratusan juta euro bo!

Intinya pergi ke tempat ini lumayan memberi inspirasi buat anak-anak juga. Sampe di rumah besoknya mereka seharian asiiik maen play mobil. Play mobilnya dibawa ke kamar mandi. Bath up diisi penuh air terus mereka ganti pake baju berenang, maen berenang-berenangan sama play mobil kecil bisa berenang betulan dan playmobil lumba-lumba dan macem-macem deh pokoknya. Alhamdulillah bisa membuat mereka ga di depan TV dan ga di depan komputer terus-terusan.

Efteling Park

Sebetulnya dulu kami sudah pernah ke tempat ini tahun 2004 tapi anak-anak masih kecil, mereka lupa lagi dan ingin mengulang lagi. Kali ini aku lebih seneng ambil foto karena tulip masih banyak mekar dimana-mana, jadinya tamannya cantik-cantik banget.

Pertama kami ke Pandadroom nonton film 4 dimensi yang bisa kerasa ada angin, ada air dan ada bau wangi juga. Ceritanya tentang penyelamatan binatang langka gitu deh, sayangnya koq rasanya filmnya sebentar banget.

Habis itu kami naek yang roaler coaster, yang basah-basahan, gitu deh. Pokoknya aku asli ga mau naik yang muter-muter bikin pusing kayak ontang anting atau perahu besar atau yang muter-muter ga keruan. Jadi aku lebih banyak diluar sendirian sama aik, karena aik juga masih takut kalo ada yang gelap-gelap. Lala yang beranian banget, semua pengen dicoba termasuk vogelrock, naek roller coaster muter-muter atas bawah, tapi di tempat gelap banget. Duuh aku mah tatuuut! Malik jadinya Cuma naik diluar yang muter-muter itu juga sendirian karena asli aku kapok ga mau naik yang bikin pusing, daripada cari penyakit.

Keunikan Efteling park ini karena disini ada satu area khusus tempat dimana patung-patung fairy tale bertebaran. Ada si Long Neck yang lehernya bisa turun naik tinggiiii banget, ada rumah Hansle and gratel, ada rumah dan patung-patung cerita babi dan serigala dan lain-lain gitu deh. Anak-anak kecil yang suka didongengin cerita model HC Anderson pasti seneng di tempat ini.

Intinya mah anak-anak having fun deh ditempat ini masih tetep pengen bisa balik lagi kapan-kapan katanya.

Ps: Jangan tertipu sama fotonya, aslinya ga seindah itu koq hehe, namanya juga lagi belajar olah digital, jadi hasilnya heboh deh.

You May Also Like

About the Author: Agnes