READ MORE >>   Tanya Jawab Kesehatan

Pertanyaan :
Dear mommies, apalagi mom dokters..

Kira-kira apa [aja] sih yang bisa bikin menstruasi jadi lama? Saya mens sudah 3 minggu lebih belum beres juga. Nggak banyak sih memang, sedikit sedikit. Tapi lama.

Mom D di Amrik

Dear mommies…

Wah kalo bicara masalah menstruasi dan permasalahannya secara medis agak2 njelimet sebetulnya, banyak banget istilah dan tetek bengeknya :-). Sebelum jawab pertanyaan faktor2 apa aja yang bisa menyebabkan menstruasi jadi lama, sebetulnya harus disepakati dulu, mana menstruasi yang normal dan selama apa yang dianggap tak normal.

Lalu sebetulnya harus jelas juga termasuk kelompok menstruasi abnormal yang mana, supaya nantinya gampang menentukan faktor penyebab. Soalnya menstruasi abnormal ada macem2 istilah, ada menorrhagia, DUB, menometrorhagi, amenorhea dll.

Ada literatur yang bilang mens lebih dari 7 hari dianggap abnormal, ada juga yang bilang lebih dr 2 minggu atau 3 minggu. Kalau aku sih lebih sepakat
lebih dari 2 minggu baru disebut abnormal. Tapi itupun kalau berlangsung selama beberapa waktu, darah mensnya banyak, atau dulunya pernah ada riwayat mens nggak teratur.

Lamanya menstruasi memanjang bisa dimasukkan ke menorrhagia atau DUB (Disfungsi Uterine Bleeding). Tapi sebetulnya, syarat Menorrhagia dan DUB pun
macam2, harus jelas juga jumlah darahnya segimana, siklus mensnya seperti apa, riwayat mensnya dulu gimana dll.

Menorrhagia berarti jumlah darah menstruasi bertambah dan lamanya menstruasi jadi memanjang. Kalau DUB ( ini juga hampir sama ditambah kelainan frequensi mens). Bedanya kalo DUB ini biasanya berhub dengan
anovulatory bleeding (menstruasi tanpa adanya sel telur), dan bukan akibat dari penyakit penyerta yang lain.

Menorrhagia penyebabnya bisa banyak, mulai dari pemasangan IUD, minum obat antikoagulan atau obat anti radang non steroid (Ibuprofen ato aspirin contohnya), bisa juga krn infeksi, kista ovarium, polip endometrium, gangguan hormon, kegemukan, dll.

Wah banyak banget deh n pusing :-). Mungkin yang paling gampang Mom D, liat dari obat2an yang diminum ada ga?. Lalu diliat aja bulan depan kali ya,
kalo udah normal, barangkali memang karena kecape’an aja. Kalo masih memanjang juga lebih baik bawa ke SpOG, pasti pemeriksaannya lebih lengkap n lebih jelas :-).

Gitu aja ya, semoga membantu, maaf lho kalo malah bikin pusing hehe.

Wassalam hangat,

Agnes

  READ MORE >>   Tanya Jawab Kesehatan.


25 Comments on “Menstruasi Lama”

  1. asalamualaikum Wr.Wb
    Dulu haid saya teratur antara tanggal 5 sampai 13
    dan berlangsung selama 10 hari.Awal haid saya merasakan sakit sampai mau pingsan,oleh karena itu saya konsultasi dengan dokter dan di beri obat.perkembangan 3 bulan setelah berobat.perut saya tidak nyeri seperti dulu tetapi yang saya tanyankan kenapa haid saya jadi tidak teratur melebihi tanggal dan telat terus?ada kaitannya gak antara penyakit maag dengan keterlambatan haid?

  2. Halo mbak Sari, salam kenal ya…:-)

    Obat yang diberikan, biasanya mengandung hormon progesteron/estrogen. Jadi memang biasanya akan mengganggu siklus haid. Maag dan keterlambatan haid secara langsung tidak berkaitan mbak. Tapi bila maag yg terjadi akibat stress (krn stress jg bisa menyebabkan asam lambung meningkat) maka ada pengaruh ke keterlambatan haid. Jadi stress nya lah yg mempengaruhi keterlambatan haid. Krn stress akan mengganggu sistem hormonal tubuh.

    Begitu mbak sharing dr saya, semoga membantu yaa :-)

  3. dear
    mba agnes

    mba sekarang ini saya lagi kebingungan mikirin siklus haid. 2 minggu yg lalu saya haid dan lamanya 1 minggu setelah 1 minggu beres, baru 1 minggu lagi bersih keluar lagi haid, dan lamanya 1 minggu juga tapi yg tambah aneh nya lagi baru 2 hari selesai haid sekarang haid lagi masa dalam 1 bulan 3 kali haid:-/ mohon penjelasan nya ya mba;)) lumayan kerasa dampak dari haid trs sering pusing badan lemes dan berat badan makin menyusut. terima kasih sebelum nya mba,

  4. Hai hana, maaf telat banget replynya moga2 blum basi ya :-)
    Udah coba ke gynekolog belum? Kalo ini baru yang pertama, baiknya di runut kebelakang, apa ada masalah yang bikin stres? apa baru ganti KB, dll. Klo ga ada apa2 tp siklus tiba2 berubah mending ke gynekolog aja ya, sebab pemeriksaannay ahrus lengkap mulai dari anamnesa , pemeriksaan fisik dan penunjang. Smoga ga ada yg seriut ya hana. Maaf klo ga banyak bantu ya :-)

    agnes

  5. Maaf saya mo nanya nih, Kalo yang dialami istri saya malah lebih membingungkan lagi. Akhir2 ini mens istriku malah lama banget sampe berbulan-bulan. Kalopun berhenti cuman sehari 2 hari, habis itu men lagi. Tadinya saya cuek, soalnya kata istriku emang dari gadis dulu siklusnya ndak teratur. Siklus mens dan endaknya bisa lama juga alias berbulan-bulan. Tapi akhir2 ini kok malah kayaknya ndak pernah berhenti. Mohon saran nya. Emang istri saya termasuk gemuk dan kita sudah 4 tahun menikah tapi belum dikaruniai momongan. Terima kasih

  6. maba saya baru menikah hampir sebulan selama ini siklus haid saya normal tp kenapa 3minggu setelah menikah yg sehrsnya keluar haid ini malah tersendat dan sedikit sekali warnanya kehitaman seperti mau selasai haid. Tolong bantuannya Thanks before

  7. April 19th, 2008 at 11:43 pm
    Agnes Tri Harjaningrum says:

    Masalah gangguan haid penyebabnya macem2 mba, klo baru nikah gitu bisa aja karena stress, kan menjelang pernikahan dan awal pernikahan biasanya mesti stress kan :-). Klo saranku selama ga ada keluhan yg berarti, wait n see aja dulu, klo masih ga teratur jg, dan jumlahnya jg sedikit banget, mending konsul ke obgyn aja. Smoga setelah stabil suasananya bisa normal lg ya haidnya…

    smoga membantu
    agnes

  8. mau nanya nich mba,saya 2 bln yg lalu melahirkan dgn operasi caecar,setelah 40hr saya KB suntik yg 3 bln-nan. Sekarang ini sy sudah mendapat haid kira2 8hr. Yg jd pertanyaan saya, knp darah haid saya smp hari ke 8 ini tetap banyak seperti haid hari kedua-ketiga ya…? Apa krn efek KB suntik td? ato ada efek jg dr operasi swaktu melahirkan? Mohon infonya ………..

    jazakallah…

  9. mba agnes mu tanya,,
    saya 22 tahun, belum menikah. Bulan ini saya haid udah seminggu tapi rasanya masih belum beres juga, masih banyak aja. Agak khawatir karena 5 bulan sebelumnya saya nggak dapat haid, oleh dokter dikasih vitamin sampai saya haid. riwayatnya memang haid saya tidak teratur. haid saya kali ini g ada rasa sakit seperti haid umumnya
    Yang ingin saya tanyakan, apakah hal ini berbahaya? saya takut haid saya g berhenti…
    terimakasih

  10. salam kenal mba agnes yang pintar..
    saya baru berumah tangga setahun, sekarang istri saya berumur 19 thn dia gak pake KB, alhamdulillah saya belum punya anak. sekarang dia lagi haidh tapi saya anggap haidhnya gak normal karena dah 19 hari darahnya masih keluar walaupun sedikit-sedikit, yang mau saya tanyakan; apakah itu normal dan menurut mba penyebabnya apa?
    jazakAllah atas jawabannya.

  11. salam kenal mbak agnes …
    mbak saya baru lepas kb suntik 3 bulanan, dan setelah itu baru menstruasi. selama 4 tahun lamanya saya suntik kb 3bulanan dan tidak mens. dan setelah lepas malah mensnya 1minggu bersih 1 minggu mens terus-terusan udah 3 bulan ini. apa penyebabnya lepas KB? dan juga saya punya kebiasaan yang agak lucu. kalau haid nya terlambat anus saya tekan ke dalam dengan jari tapi masih pakai celana panjang lho nekannya… nah kalau udah gitu selang 1 sampai 2 minggu .. keluar haidnya. apa itu juga bisa mengganggu organ dalam kandungan? trims

  12. mba mo nanya.. sebelumnya saya telat 2 bulan, beberapa hari setelah itu keluar darah, tapi cuma sedikit. yg anehnya kluarnya kok tiap malem aja ya, tapi sedikit sekali. saya sudah menikah.apakah itu darah halangan atau bukan??? sebelumnya udah pernah periksa ke dokter, kata dokternya ga da papa. cuma yg bikin khawatir kok bisa ya halangan cuma sedikit aja :(. o iyah sejak sekolah dulu kadang2 halangan saya juga sering ga teratur. mohon tanggapannya ya mba ^^. ditunggu jawabannya. wassalam

  13. ada pengaruhnya ndak minum jamu herbal (Kiranti) haid? karena setelah saya haid selama 7 hari, haidnya berhenti, namun setelah minum kiranti malah haidnya keluar lagi? Apa penyebabnya ya?

  14. saya yohana umur 26 tahun, mb agnes saya mau tanya klo ga haid smp berbulan bulan pd seorang wanita itu bisa terjadi ga mb? tp itu wanita yg beum hamil, dan itu jg menganggu kesuburan jg ga mb?

  15. Salam kenal mbak Agnes, saya ria, kasus yg saya alami hampir sama dgn mom D di Amerika, saya mens sudah lebih dari 2 mgg, dan darah yg keluar sedikit2 aja, hanya berlangsung pagi hari aja, sedangkan malam hari haid yg keluar berwarna hitam, kayak dah mo selesai haid aja, kira2 hal itu berbahaya gk?, dan apa saja makanan yg bisa membantu utk mempersingkat masa mens tersebut, tolong dijawab segera ya mbak, terimakasih.

  16. Ass….

    Salam kenal mba Agnes..????
    Saya Putri , umur 20 tahun , saya belum menikah

    Haid saya tidak teratur , sudah 15 hari saya tidak haid , biasanya selama satu bulan saya mengalami haid 7 hari sampai 5 hari , tetapi sekarang sudah terlambat 15 hari ,
    Ketakutan yg lain, mungkinkah ada penyakit di dalam tubuh saya ,
    Apa ini haid yang mulai tidak teratur yang mungkin ada penyakit yang mau berkembang? ataukah ini tanda2 mau hamil?

    Saya mau periksa tapi masih bingung dan Malu Mba ! mohon berikan saya solusi untuk menyelesaikannya! Terimakasih.

    Wassalam

  17. Dear Mba Agnes….
    saya mau nanya niy, kenapa ya akhir2 ini saya kalo mens suka lamaaaa banget. Saya ikut KB suntik 3 periode 3 bulanan, sejak 1,5 tahun yang lalu. sejak itu saya jarang sekali mens, pernah juga 6 bulan sekali baru mens, dan setiap mens selalu lamaaa sekali kadang 3 minggu atau malah sebulan baru berhenti. apa itu pengaruh dari suntik KB ya? apa masih normal atau sudah harus di khawatirkan?info lagi selama 1,5 tahun saya KB suntik hampir selalu saya lakukan tidak teratur jadwal, seingnya saya kelupaan sampai dengan 2 minggu dari jadwal suntik yang ditetapkan dokter. Apa itu juga berpengaruh?

    Thanks banget buat penjelasannya

  18. Dear mbak agnes….
    Maaf saya mo nanya nih, saya sudah 1 tahun menikah tapi belum dikaruniai momongan.Kalo yang dialami istri saya malah lebih mengherankan lagi. Akhir2 ini mens istriku malah lama banget sampe berbulan-bulan. Kalopun berhenti cuman sehari 2 hari, habis itu men lagi. Tadinya saya cuek aja, soalnya kata istriku emang dari gadis dulu siklusnya ndak teratur. selama pernikahan kami, dulu istri saya pernah mengalami tidak mens selama 3 bulan, akhirnya kami memutuskan untuk ke dokter kandungan dan diberikan obat, namun pil yang diberi tak juga memperlancar haid setelah itu istri saya memutuskan berhenti menggunakan obat tersebut, tp setelah 2 bulan berhenti tiba2 mensnya datang dan sampai sekarang ini kok malah kayaknya ndak pernah berhenti. Mohon solusi & saran nya.Terima kasih

  19. dear mbak agnes,
    saya mau nanya nih, sudah hampir satu bulan ini saya mengalami menstruasi tidak berhenti sama sekali dan sangat deras.
    sebelum ini pada bulan 3 juga pernah mengalaminya sekali, waktu saya ke dokter, dokter hanya bilang karena stress dan akan mormal kembali dengan sendirinya.
    kira kira apa ya mbak penyababnya.
    Perlu di ketahui saya sudah menikah tapi belum mempunyai anak.
    Mohon bantuan jawabannya dan terima kasih.

  20. .maaf , saya putri , 18th , saya mau tanyak. .
    Sudah 4 bulan ini
    saya tidak mens . .
    Kira kira gmana ya dan knapa ? Thx

  21. @ Putri: Put, maaf tapi harus disingkirkan dulu bahwa putri emang ga hamil kan, maksudnya blom pernah ML kan. Na klo memang demikian, yg menyebabkan ga mens biasanya hormonal, bisa stress, makanan, obat dll. Kalo udah ketemu penyebabnya bisa dihindari pencetusya, tapi kalo masih belum mens jg baiknya konsul ke dokter Obgyn aja Say. Sukses ya :-)

  22. saya umur 33th, saya sedang menyusui anak ke 3(14bln), sejak gadis mens gak teratur (tanggal maju bs mundur) 1 bulan mens bisa 1-2x, lama mens 7-15 hari…Akhir2 ini mens saya dikit kayak flek tapi stelah berhenti, seminggu kemudian mens lagi dan banyak bisa menghabiskan pembalut yang 35cm 3x sehari.Apa penyebabnya? Masih normalkah?..terima kasih atas perhatiannya..

  23. dear,
    saya mau tanya nie..sejak umur anak ke2 saya 3 bulan saya mulai pake kb suntik 3 bulan, saya suntik awal july( seingat saya saya uda lewat haid), seharusnya tgl 29sept ini saya suntik yang ke2.satu bulan pemakaian, saya tidak haid sama sekali, bulan ke2, saya haid selama 1 bulan, dan bulan ke3, muncul flek sedikit hingga saat ini.karna cara ini agak merepotkan, saya berpikir untuk ganti kb pil(diane35), dimana saya harus dapat haid dulu baru mulai. tapi uda 11 hari saya belum haid.kapan sebenernya haid pertama saya akan mulai??
    dan, menurut tukang urut saya..pas dia pegang perut bawah dan payudara saya, katanya saya lagi ada “isi”…padahal selama suntik habis, saya belum pernah berhubungan.dan saya uda check 2x,hasil negatif.memang belakangan ini saya agak mual2. apakah ada kemungkinan saya hamil, padahal saya kb suntik?dan apakah ada kemungkinan saya hamil, kalo hasil tes pack negatif saat ini.
    terima kasih

  24. bu, saya mau tanya kenapa siklus menstruasi saya bulan nopember ini 2 minggu lebih ya???
    emang saya ada riwayat menstruasi yang tidak rutin dan memang sudah keturunan dari ibu saya,,
    itu bagaimana ya bu??
    thanks a lot for answer . . . .

  25. bu,setelah menikah saya pake KB suntik yg 3 bulan trus haid lama banget g beres2,setelah itu saya ganti dengan PIL KB haid berhenti,selama 3 bulan saya pake PIL KB dan berhenti pake PIL KB haid kok malah lama lagi ya…gak berhenti2..kenapa ya bu??