Angina Pectoris

Pertanyaan :
Mbak angina pectoris itu apa ? tolong di jelasin dan gimana menanggulanginya?

Dari Mbak E di DenHaag

Assalamua’laikum…

Dear mbak E dan mbak-mbak yang curious, ini sedikit penjelasan tentang Angina pectoris.

Angina pectoris itu istilah kedokteran buat nyeri dada yang berhubungan dengan serangan jantung (heart attack). Angina ini merupakan pertanda buat penderita
yang mengalaminya. Pertanda bahwa resiko kena serangan jantung bagi dia sudah meningkat.

Angina pectoris umumnya terjadi kalau otot-otot jantung kekurangan oksigen (kekurangan suplai darah), lantaran ada penyumbatan di pembuluh darah arteri jantung. Istilah kedokterannya ischemic myocard.

Umumnya kasus ini lebih banyak terjadi pada usia tua. Akibat kolesterol tinggi, tensi tinggi, dll, mulai lah terjadi sumbatan-sumbatan di pembuluh darah jantung. Jadi
kasus yang di bilang mbak Diah (anak-anak), menurut saya barangkali karena anaknya sudah punya kelainan jantung bawaan sebelumnya.

Pengobatannya, kalo kira2 keluhan nyeri dada ini sering, menjalar ke lengan kiri, lalu sebelumnya ada riwayat tensi tinggi,kolesterol tinggi atau kencing
manis. Nah lebih baik dibawa ke dokter deh. Kalau untuk mencegahnya, tentu saja… kurangi makanan berkolesterol tinggi, banyak-banyak serat, buah, dan olahraga.

Btw, aku pernah baca, menurut penilitian, orang padang itu kemungkinan untuk punya kolesterol tinggi dan darah tinggi sangat besar dibandingkan dgn daerah lain di Indonesia. Penyebabnya he he, pasti nih yang orang padang dalam hati udah manggut2 :-). Makanan padang itu hmm lekker hoor deh, tapi… penuh santan, lemak, jeroan, dan…wah apalagi ya. Jadi inget sate padang nya mbak Yulia :-). Hmm nyami nyami… Eh…maap bukan nakut2in lho hehe. Buat penggemar masakan padang, tips dari aku sih, boleh makan sebanyak2nya, tp habis itu puasa nya atau makan sayur buahnya harus digenjot juga kali yaa. Lebih bagus lagi kalo sekali2 detox, makan buah aja 3 hari misal. Mudah2an si kolesterol pada luntur tuh :-)

Begitu aja sharing dari aku, semoga bermanfaat. Oya maaf kalo ada yang kurang berkenan, terutama buat mbak2 yg dari Padang hehe.

Wassalam hangat,

Agnes

You May Also Like

About the Author: Agnes

Comments are closed.