READ MORE >>   Resep Asyik

Na, kalo puding yang ini, hasil dari baca-baca di milis NCC nih. Kayaknya di milis puding ini rasanya bikin heboh hehe, jadi daku penasaran deh. Dan pas dicoba wuih bener deh muantaap. Enak banget, trus mulus buanget lagi, rasa coklatnya kerasaa banget. Buat penggemar coklat kayak aku gini, bakal ketagihan bikin mulu deh kalo ga inget body hehe… Anak-anak dan suamiku juga demen, enak dan gampang deh bikinnnya.

Ini dia resepnya,

Bahan :
3 bks agar-agar putih
1500 ml susu
112,5 gr coklat bubuk
6 btr kuning telur, kocok lepas
375 gula pasir
sedikit garam

Cara Membuat :
* Aduk rata coklat bubuk, garam dan gula, larutkan dengan sebagian susu (bukan diatas api, sisihkan
* Rebus agar-agar dengan sebagian susu sampai mendidih, tuang adonan coklat bubuk, gula dan susu, aduk rata
* Tuang beberapa sendok sayur adonan agar-agar ke kocokan kuning telur, aduk rata, tuang kembali ke adonan agar-agar diatas api, masak sampai mendidih
* Matikan api, aduk adonan agar-agar hingga uap hilang (hangat kuku), tuang ke dalam cetakan sambil disaring biar puding jadinya mulus, bekukan
* Karena ini puding ini rasanya coklat banget, hidangkan dengan vla vanila andalan masing-masing saja.

Resep: ibu Fatmah Bahalwan NCC
Sumber Resep asli: Buku Puding Sedap Sekejap

Ini satu lagi puding enak yang ternyata anak-anakku lebih suka daripada yang sebelumnya, karena kalo yang atas kaya kue kata mereka

PUDING COKLAT DOUBLE CREAM

Bahan puding
2 bungkus agar-agar putih
250 gram coklat blok, serut, tim sampai leleh
250 gram gula pasir
1 lt susu murni
500 cc double cream (bisa juga pakai Creamer cap kembang)
25 gram coklat bubuk, encerkan dengan sedikit air panas
Vanili secukupnya

Bahan saus:
800 cc susu murni
100 gram gula pasir
1 buah kuning telur
Vanili secukupnya

Cara membuat Puding
- Campur semua bahan menjadi satu (kecuali double cream)
- Didihkan diatas api sedang sambil diaduk terus, sampai mendidih
- Setelah mendidih, tuangkan double cream sambil adonan diaduk terus, aduk sampai rata, angakat dari api.
- inginkan sebentar, jangan sampai beku, sampai uap hilang.
-Tuangkan dalam cetakan puding besar, atau yang kecil-kecil, dinginkan.

Cara membuat saus :
- Kocok lepas merah telur
- Campur susu, gula dan vanili, didihkan dengan api sedang sambil diaduk
- setelah mendidih, tuangkan dua sendok sayur susu ke dalam kocokan telur, campur rata, masukan adonan telur ke dalam susu yang mendidih, aduk-aduk sebentar diatas api.
- angkat dari atas api, aduk terus Vla, sampai agak dingin, supaya Vla jangan pecah.

Catatan : jangan mendidihkan adonan dengan api besar, Vla atau puding
bisa pecah,
Indonesian:
4 telur
250 gula
2 bungkus agar
air dan air panas secukupnya
8 st bubuk coklat (cocoa powder)
1 L susu

Custard:
2 egg yolks
100 g sugar
500 mL milk
3 tsp corn starch, mix with a little bit of water

Indonesian VLA:
2 kuning telur
100 g gula
500 mL susu
3 st tepung maizena, larutkan dalam sedikit air

Directions:
- mix/whip eggs with 1 tbsp sugar until it rises and becomes fluffy, set aside
- dilute agar in a little bit of water (room temp), set aside
- dilute cocoa in a glass of HOT water
- in a pan, mix together, well stirred: milk, agar solution, cocoa emulsion and sugar, keep stirring until it boils
- ladle out a quarter of the mixture, mix it with whipped eggs
- pour the egg mixture into the pan, turn off the heat
- stir until the foam disappears, pour into molds
- let cool, then transfer to the fridge, it will harden

Custard:
- whip the egg yolks with 1 tbsp of sugar
- put together in a pan: milk, sugar, and corn starch suspension, bring to a boil
- ladle some milk mixture into the whipped egg, stir well, pour it all back into the milk mixture in the pan
- bring to a boil, stir until a bit thicker, then turn off the heat
- keep stirring to cool off

  READ MORE >>   Resep Asyik.


2 Comments on “Pudding Coklat”

Comments on this entry are closed.