Misi Ke Spanje

“Misi : 2: Sampah,” Tulis Aik dalam buku jurnal vakansinya. “Ha? Sampah?” Hihihi aku keketawaan sama lala hehe. Abis lucu banget. Jadi ceritanya aku ngumpulin gambar-gambar tempat yang bakal dikunjungin nanti di Spain. Terus sama ayah gambar-gambar itu di print dan anak-anak aku suruh gunting dan tempel di buku jurnal vakansinya. Tujuannya biar mereka ga blank pas kesana nanti dan biar tambah wawasan mereka juga gitu loh. Memang sih berkunjung ke tempat-tempat bangunan bersejarah kan kurang menarik buat anak-anak, tapi kalo ga dibiasain dan ga dikenalin, mereka makin-makin lah ga suka sama tempat-tempat bersejarah. Jadi ya aku musti rada-rada puter otak biar anak-anak enjoy nantinya begituh.

Apalagi kalo inget lala suka bilang,”Itali is saai (Itali membosankan) atau “Spanje is saai,” wuah ketauan banget kan betapa bangunan-bangunan bersejarah tuh kalah menarik jauh dibanding taman bermain. Mereka kalo ditanya maunya liburan kemana jawabannya mesti lego land lagi-legoland lagi. Lagian berasa belagu banget gitu loh hehe, orang mah pengen liburan ke Itali n Spain, eeh dia malah bilang negara-negara itu membosankan, walaah…. Bukti satu lagi, pas giliran aku bilang nanti di Barcelona mau ke Aquarium terbesar kedua di Eropa dan liat websitenya, baru deh dia exited banget.

Naah untungnya aku inget tulisannya Echa-Jerman, pas cerita soal anak-anaknya yang diminta bikin misi waktu ke kebun binatang. Jadi biar anak secara ga langsung belajar bahwa hidup tuh ada tujuannya gitu loh. Mereka dilatih untuk memikirkan tujuan dalam melakukan sesuatu. Gara-gara inget cerita ini (Thanks ya cha buat inspirasinya :-)), lala dan malik ga cuma sekedar kusuruh nempel-nempelin gambar aja, tapi juga bikin misi di setiap tempat yang mereka kunjungi. Nanti pas hari H kalau mereka ketemu sama misinya, mereka bakal dapat sticker. Dan sticker-sticker ini bisa dituker sama souvenir .

Wuah ternyata dikasih tantangan begitu mereka jadi semangat banget. Malik langsung nulis sendiri misinya. Lala juga langsung ambil bolpen. Misi :1 (Entah kenapa setelah misi aik maunya pake titik dua juga): mobil airport, tulis aik di bawah gambar ‘Alcazaba Malaga’. Nah giliran aku bilang bahwa setelah di Nerja, kita akan ke frigiliana, desa khas spain yang rumah-rumahnya di cat putih dan banyak bunganya, eeh malik bilang misinya mau cari sampah hehe. Akhirnya kubilang, mungkin aik mau cari kotak sampah yang aneh ya. Aik langsung ngangguk hehe.

Misi lala dan malik bener-bener sederhana deh pokoknya. Lala bilang mau cari baju footbal di stadion real Madrid. Malik mau cari kursi putih. Terus Aik mau cari jeruk di mesjid La mezquita hehe gara-gara aku bilang di depan mesjid banyak pohon jeruknya :-). Di caves Nerja Aik bilang mau cari batu.Terus pas di bagian Albaicin (sebrangnya Alhambra, medinahnya suku moorish dulu), Aik bilang mau cari gunting hahaha, aku dan lala ngakak-ngakak lagi deh hehe. Kali aik asal jawab apa yang diliat di depan matanya kali ye. Tapi ya aku biarin aja. Namanya juga anak-anak, begitu juga dah bagus ada yang mau dia cari hehe. Lagipula misi yang lain ada yang serius juga. Di Park guell Barcelona aik mau cari museum Gaudi katanya. Terus di Las Ramblas mau cari Still stand Clown (orang yang berdiri diem jadi badut).

Kalau lala misinya ya gitu sederhana juga, cuma ga aneh-aneh kaya malik hehe. Lala mau cari bunga di frigiliana, mau cari kerang di ‘Balcon of Europa’ Nerja, mau cari stalagtit di Nerja caves, mau liat baju matador di museo Torino (Museum Bullring) Madrid, gitu-gitu deh pokoknya. Trus ga taunya habis itu lala bikin buku kecil ditempelin di salah satu halaman buku jurnalnya. Buku itu digambar kotak-kotak dengan nomer. Ternyata buku itu buat nempelin sticker kalo nanti misinya berhasil. Wah kreatif juga ya lala.”Bikinin buat malik juga dong la..” tapi karena udah malem, lala ga mau. Lagipula seharian lala udah cape berkarya mulu kali. Lala ya begitu deh kalo lagi libur di rumah ga ada kerjaan, pasti cari-cari kerjaan sendiri. Setelah beres nempel-nempel gambar di buku jurnal tadi, lala bikin paspor, terus ngelukis juga. Pokoknya lala bener-bener bisa berkreatifitas sendiri kalo lagi libur begini.

Balik ke soal misi, entah kejadiannya nanti hari H bakal gimana, yang jelas moga-moga dengan dikasih sedikit tantangan gini, anak-anak ga boring nanti walopun harus pergi ke tempat yang mereka ga terlalu suka. Dan mudah-mudahan juga ini jadi pengalaman berkesan buat mereka. Jadi inget kata bu Ellly waktu workshop,”Inti dari parenting adalah menanamkan kebiasaan dan meninggalkan kenangan (yang baik)!” Amin deh semoga aja semua yang aku dan suamiku lakukan bisa meninggalkan kenangan indah di benak mereka.

You May Also Like

About the Author: Agnes

3 Comments

  1. teh…Alhamdulillah pas kemaren mau pergi ke mesjid sama taman bacaan, aku inget artikel teteh ini. Trus aku nyontek bikin journal vakansi juga….Alhamdulillah semoga klo pas bepergian selalu berkesan dan ada tujuan walau pergi ke tempat tempat yang sederhana sekalipun…hatur nuhun sayang……..seuerk kautangan budi ku teteh. Oh iya…udah di tulis juga diarinya takut keburu lupa…………..salam sayang

  2. aSsaLamMuAlaiKuuUm…
    Lam KnaL Ya,BuNd4….^o^
    sWe3Rrrr… Q SyeNen9 bGt bCa TuLis4n” BuNd4…
    fResH, LuCu, PnuH in$p!Rasi ( cieelaa….), WuaAaAh… PokOKx K3ren,Deh!
    Truz Brk4rYa yA BuNd4….
    ChaYo0…

Comments are closed.