Resep sambel iwak panggang ala mimih

Sambal Ikan Panggang
Sambal Ikan Panggang

Dulu, ibuku suka bikin sambel iwak panggang, yang iwak panggangnya bawa dari Blora gitu. Uenaak banget. Aku yang ga suka sambel ulek aja jadi suka deh kalo udah makan ikan ini. Pas disini nemu ikan mackarel panggang, baunya mirip-mirip gitu. Ya wes aku telponlah ibuku dan minta resepnya. Terus aku coba masak di rumah. Walaupun ibuku bilang nguleknya kudu pake ulekan, aku pake blender dong, ulekan mah ga kepake deh buat pemalas kaya aku hehe. Tapi alhamdulillah sukses, rasanya dah mirip sama buatan ibuku. Lekker dah!

Bahan:
1 buah ikan mackarel panggang yang agak besar
Bawang merah kira-kira 3 biji
Bawang putih 2 biji
Kencur seukuran ibu jari
Cabe merah 4 buah
Kemiri 2 biji
Terasi seukuran ibu jari juga
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat:
1. Semua bumbu digoreng (kecuali ikan)
2. Setelah digoreng bumbu diulek, lalu si ikan campur deh diulekan. Tapi kalo aku sih bumbu diblender.
3. Lalu di atas wajan si bumbu dicampur sama ikan. Berhubung kulit ikan mackarelnya susah dipotong-potong, kudu pake gunting motongnya.
4. Aduk-aduk pake api kecil biar dimakan pas anget-anget.
5. Sambil diaduk jangan lupa dikeceri jeruk nipis alias dicipratin jeruk nipis.

Jadi deh, enaaak!

You May Also Like

About the Author: Agnes

Comments are closed.