READ MORE >>   Resep Asyik

Paru goreng

Paru goreng

Aku suka banget paru goreng, walaupun tau sih kolesterol tinggi bo! Dan untungnya bertaun-taun tinggal disini ga pernah nemu paru di toko daging, bener-bener hidup sehat deh disini mah. Tapi kadang saking kangennya aku suka nitip ke ibuku minta bawain paru goreng kalo ada temen yang pulang.

Hingga suatu hari, nisa membawa berita, ada yang jual paru di toko Turki Al Fysal. Alamaak berabe..berabe! Kedemenan gw ada disini! Bisa-bisa acara hidup sehatku berantakan dah. Bener aja langsung lah aku berburu paru, sampe bela-belain pesen dan bolak balik ditungguin. Ternyata ga sia-sia, suamiku langsung dikasih 11 kg paru! Gilaaak! Liat paru-paru sapi sebanyak itu berdarah-darah di rumah udah mblenger duluan aku. Langsung lah kubagi 3, buat nisa 3 kg, buat acara bubar 3 kg, buat lebaran 3 kg dan buat kugoreng 3 kg. Untung aku punya freezer segede kulkas dari mba Indah, berguna banget itu freezer.

Dan si 3 kg paru itu aku bagi-bagi lagi biar gampang kalo mau goreng. Lalu aku praktekkan lah resep paru goreng ala ibuku. Dan ternyata sukses lagi, horee! Aku tuh ga suka sama paru yang gembos alias ga kering. Suami dan anak-anakku juga ga demen sama paru yang basah, ga tega makannya katanya. Untungnya resep dari ibuku ini bisa bikin si paru jadi kering. Rahasianya ada di: minyak goreng! Yup! Setelah di godok pake asem jawa dan garem, si paru musti direndemin minyak goreng. Hasilnya..hmm bener-bener kriuk kriuk lho. Tentu aja motongnya juga ga boleh ketebelan ya. Pokoknya gurih dan kriuk banget deh. Ini dia resepnya. Aku bikin sekalian banyak buat nyetok di freezer. Dimasuk-masukin plastik sesuai kebutuhan saat menggoreng.

Resep:

Bahan:
- Paru sapi 3 kg
- Asem jawa 2 jempol
-Garam secukupnya.

Cara membuat:
- Godok paru sapi tersebut dalam panci sampai terendam air, beri asam jawa dan garam, hingga paru berwarna kecoklatan.
- Potong tipis-tipis, ukuran sesuai selera

Lalu paru tersebut dicampur dengan bumbu berikut:
- 1,5 sdm ketumbar
- 12 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
- garam secukupnya

Setelah itu beri minyak goreng, ga usah terlalu banyak, kira-kira aja asal semuanya udah kena minyak. Rendam selama 1-2 jam, makin lama makin baik.

Goreng paru dalam minyak panas hingga kering. Kalo kurang kering, angkat dulu, lalu goreng lagi, biasanya jadi kering bener.

Sajikan, dijamin sepiring langsung tandas!

  READ MORE >>   Resep Asyik.


3 Comments on “Paru Goreng ala Mimih”

  1. aku baru baca posting mba agnes hari ini 10 juli 2009 ..
    lagian juga aku baru belajara masak sekarang2 ini setelah jd ibu .. hehehhehe. Dan Paruh goreng adalah favoriteku juga.
    Belom kucoba tips dr mba agnes..tapi pasti kuperhatikan dibumbui kemudian dilamuri minyak goreng,kira2 begitu yg musti aku garis bawahi. Thx Mba agnes, tapi kenapa musti gitu ?! ada penjelasannya ga yah..

  2. November 30th, 2009 at 12:49 pm
    Aminudin Husin says:

    Makasih ya bu resep paru gorengnya…kayanya enak nih …