Variasi Menu Sarapan + Belajar Food Photography

*Foto-foto berikut resep lengkapnya bisa diliat disini

Manusia Cuma berencana, selanjutnya Allah yang punya kuasa. Aku sama sekali nggak mengira kalau fase lain dari hidupku harus mengalami jadi ibu kos. Dari awal datang ke Belanda aku mementingkan banget privacy soalnya. Tapi karena sesuatu dan lain hal, tahun ini aku ga jadi pulang, dan mau ga mau harus jadi ibu kos. Bener deh Allah tuh kalau mau merubah umatNya, ada aja ya jalannya. Aku yang ga bisa bersih-bersih rumah dan ga tau caranya, lalu ‘disuruh’ jadi tukang bersih-bersih di rumah sakit. Sekarang udah ga di rumah sakit lagi sih, tapi bersihin rumah oma-oma dan opa-opa. Lebih asik malah, karena aku jadi makin tahu gimana orang belanda mengatur rumahnya sehingga jadi rapi jali begitu. Sekarang lumayan deh aku praktekin dikit-dikit di rumahku, walopun rumah masih berantakan karena bingung naro barang segitu banyak (ngeles mode on hehe), tapi at least dapurku rada kinclong lah di banding dulu yang sama sekali tidak terawat hehe.

Naa semenjak jadi ibu kos, aku yang tadinya males pisan masak, paling masak dua hari sekali. Sekarang aku kudu masak pagi sore, dan ga bisa dong cuma satu menu. Berikut yang tadinya aku sarapan ga pernah ala Indo, sekarang jadi kudu belajar masak sarapan cara Indo. Anak-anakku sih tetap bertahan dengan sarapan cococrunchnya, tapi suamiku senang dong karena sekarang sarapannya bervariasi. Walaupun resikonya, dia jadi tambah endut :(.

Sebelum anak kos masuk, aku sempet hunting menu-menu sarapan. Konsul sama nisa ibu ketring van Groningen, sama intan juga tetangga senasib hehe, sama Echa, yang dengan baik hatinya terus posting di MP + ngerangkumnya, dan tentu aja ngumpulin file-file dari milis NCC dan googling-googling. Makasih yaa teman-temanku tercintah :-).

Oiya, habis itu karena sering masak, sayang kan kalo tidak diabadikan, jadilah aku penasaran belajar food photography. Sempet cari-cari arsip diskusi food photography di milis NCC dan tentu aja konsul sama pakar, ibu Ine Hardjanto. Thanks a lot ya mba, ditunggu kritik dan sarannya yaa :-).

Hasilnya yaa buat pemula not bad kali ya hehe menghibur diri dah. Lagian aku jepretnya ga pake kamar SLR, jadi hasilnya kurang tajam biarpun udah dipoles pake photoshop juga. Oiya ternyata cahaya memang penting banget ya, jadi kalo ada yang surem-surem gambarnya, udah dijamin itu pasti fotonya pas lagi mendung atau udah malem. Terus foto-foto yang paling bawah, itu pas sama sekali ga pake elmu food photography, hasilnya beda banget kan.
Berikut ini foto-fotonya dan resep-resepnya, buatnarsis-narissan dan biar gampang dicontek kalo lupa :-). Ada yang mau kasih ide tambahan menu sarapan? Sangat ditunggu loo…

You May Also Like

About the Author: Agnes

Comments are closed.