Turkije

Family di Blue Mosque
Family di Blue Mosque

Liburan summer lagi. Ini berarti libur summer ke 4 ku. Ga kerasa ya, tau-tau udah persis 4 tahun aku disini dan blas belum pernah pulang. Rencananya taun ini kami pengen pulang, tapi duit ga cukup. Akhirnya kami putuskan untuk liburan ke Turki aja deh, yang tidak terlalu menghabiskan duit kaya kalo pulang ke Indo. Lagipula, aku memang sekarang lagi pengen menjelajahi negeri-negeri yang nuansanya bukan eropa, soalnya udah tau kota-kota eropa biasanya typikalnya ya begitu-begitu lagi ga jauh beda. Walaupun aku masih pengen sih ke daerah utara sana, pasti beda juga soalnya.

Naa berhubung liburan kali ini kami mau ke Turki, beberapa hari belakangan ini aku sibuk bikin itinerary. Maklum deh kami kan budget traveler gitu loh, jadi musti semua nge-arrange sendiri biar duitnya cukup. Dan berhubung bawa dua anak kecil, sementara aku maunya banyak tempat kekunjungin, jadi aku kudu detil bikin jadwalnya. Menurut pengalaman tahun kemaren, dengan jadwal detil gitu, alhamdulillah memudahkan banget, dan ga meleset banget. Enaknya disini info di internet lengkap banget. Jadi kaya misal perjalanan bis dari Istanbul ke Cappodocia berapa jam, naik bis jam berapa, jalan ke hotelnya gimana, dan lain-lain gitu kumplit banget. Jadi untuk bikin jadwal detil pun ga gitu sulit, tinggal butuh waktu aja duduk depan kompi J.

Setelah itinerary jadi, aku kumpulin gambar-gambar buat ‘sekolah di rumah’ anak-anak. Biasa deh kalo libur tiba pasti mereka nagih sekolah di rumah. Sebetulnya aku pengen bikin tema ‘batu’ dan mosque karena di tempat yang akan kami kunjungi nanti banyak sekali mesjid yang akan kami kunjungi. Dan kami juga akan mengunjungi kota ‘batu’ Cappadocia. Tapi berhubung body ga mendukung, dan waktu juga udah mepet aku ambil dulu yang penting deh. Jadi kemaren sekolah di rumah aga-aga membosankan buat anak-anak. Tapi biarin aja karena menurut aku penting, biar mereka tau kemana aja nanti kami akan pergi dan ga bosen pas disana, karena ada kesibukan mencari misi.

Ini dia kegiatan sekolah di rumah kemaren:
– Temanya ‘Turkije’, jadi aku kasih liat anak-anak peta Turkije dan tanya bendera Turkije. Ternyata malik dan lala hapal gara-gara piala eropa kemaren. Mereka langsung gambar kotak dengan bulan bintang di tengah pinggirnya.
– Lalu aku juga liatin buku ‘Turkije’ yang dipinjem Lala di perpustakaan. Aku cerita tentang kerajaan Otoman yang berkuasa dari tahun 1200-1900 sampe akhirnya runtuh pas perang dunia I. Sejak itu Kemal Attaturk lah yang berkuasa dan Turki menjadi n egara sekuler.”Sekuler itu apa?” tanya Lala. “Sekuler itu negara yang ga berdasarkan agama La.”
“Tapi disana masih banyak muslim?” Lanjut lala.
“Iya masih. Mesjid juga masih banyak. Nanti mba Lala sama Aik bisa dengerin adzan 5 kali sehari disana. Asik kan. Kalo disini kita ga bisa dengerin adzan. Ga boleh.”
“Kenapa?”
“Karena disini kan kebanyakan orang bukan muslim, jadi mereka merasa terganggu.”

– Lalu aku tanya juga apa makanan khas Turki, lala langsung jawab kebab, karena kami suka makan di kebab jadi apal deh Lala hehe. Lalu juga pakaian adat Turki, aku liatin dari buku itu.
– Habis itu seperti biasa deh mereka aku minta gunting gambar-gambar tempat yang akan kami kunjungi lalu nempel-nempel di buku jurnal vakansi mereka
– Seperti biasa mereka semangat di awal, lama-lama, “bunda aja yang gunting, bunda aja yang lem, bunda aja yang tulis misi,” tuh kata aik begitu. Hehe bunda sih udah apal dan siap-siap, ya deh gapapa yang penting bisa selesai. Buktinya setelah 2 jam lalu pauze, Aik juga nagih-nagih lagi, kapan sekolah di rumah lagi, gitu katanya.
– Aku jelasin ke mereka hari pertama kita bakal kemana aja lalu terangin juga dikit tentang tempat-tempat itu. Walopun bunda neranginnya bener bener dikiit banget, karena bunda juga Cuma baca-baca sekilas belum baca detil. Misalnya nih, “Nanti kita bakal ke Istanbul, terus ke Cappadocia, lalu ke Konya, Antalya , Pamukkale dan balik lagi ke Istanbul.” Aku udah bikin gambar-gambar berikut tulisan lalu di print sama ayah. Gambar-gambar dan tulisan itu lah yang digunting dan ditempel sama anak-anak.
– Naa aku jelasin juga deh.”Nii nanti hari pertama kita ke Topkapi palace, topkapi palace itu tempat raja-raja otoman dulu, istananya. Disana ada pavilun anak-anak raja yang disunat lo. Terus ada paviluin holy mantle namanya, disini ada peninggalan nabi Muhammad, bunda pengen liat ini ah. Kalo Aik sama mba lala apa misinya disini?” Aik jawab,”Misi Aik WC.” Hehehe gimana bunda ga pengen ketawa coba. Udah panjang lebar dijelasin soal di istana raja jaman dulu ada apa aja, termasuk peninggalan nabi Muhammad, eeh yang mau dicari malah WC hihihi. Tapi haram hukumnya kan mencela ide anak, jadi aku dukung dan arahin aja. “Kenapa Aik pengen liat WC nya?”
“Aik mau tau WC nya dulu gimana.”
“Oo Aik mau tau bedanya WC sekarang sama WC nya raja-raja dulu ya.”
“Iya,” angguk Aik.
Tuh kan ternyata bisa nyambung juga hehe.

– Contohnya pokoknya seperti itu, lalu mereka tulis misi-misi mereka di bawah gambar-gambar tempat yang akan dikunjungi. Seperti biasa misinya memang lucu-lucuan gitu hehe. Misi Aik ada yang cari air mancur di mesjid Blue mosque, cari pensil di madrasah Konya, cari lampu, pokoknya ga muluk-muluk banget deh hehe. Kalo misi mba lala lumayan udah sesuai dengan isi tempat yang akan dikunjungi. Misalnya, cari kaligrafi di mesjid, cari Quran, dan lain-lain gitu deh. Walopun kadang karena kehabisan ide misi mereka jadi sama. Misalnya di Pamukkale, misi mereka sama-sama mau jalan di atas air yang ga dalem.
– Setelah pauze cukup lama, habis makan malam kami lanjut lagi nempel-nempel dan ceritanya.Akhirnya selesai juga jam 11 malem! Dan pas aku tanya tempat apa yang paling ingin mereka kunjungi, ternyata Pamukkale, alasannya karena mereka pengen main air disitu hehe so simple dah. Lalu yang kedua miniaturk. Karena tempat itu memang buat anak-anak. Di sana kami bisa liat tempat-tempat terkenal di Turki yang bentuknya dibuat mini.

Rencananya hari ini dan besok masih mau sekolah di rumah lagi. Tapi tadi pagi aik muntah-muntah, dan bunda juga ga enak body, belum prepared apa-apa juga. Ya sudah deh naga-naganya bakal ga lanjut nih, karena minggu depan udah pergi, sementara weekend ini acara udah full. Ya tapi moga-moga dari gambaran sekilas diatas cukup membuat mereka suka dan nambah ilmu deh buat mereka.

You May Also Like

About the Author: Agnes

2 Comments

Comments are closed.