Cooking Time bikin Wingko Babat

Minggu ini anak-anak libur seminggu, berhubung biasa deh ayah bunda bokek, di luar cuaca dingin, jadi males bener keluar rumah. Dari satu minggu itu, ayah sama bunda udah sepakat, hari Rabu cooking time, hari Jumat kita jalan-jalan ke kota dan hari Sabtu kita ke museum. Sisanya, anak-anak bikin film dari lego, maen lego atau baca buku. Dan mereka oke-oke aja. Malah kalo lagi ada lego baru, malik suka bilang gini,”Kenapa kita ga di rumah aja.” Kalo Lala, kalo lagi ada bacaan baru pasti bilang gini,”Mba lala mau di rumah aja, ngapain jalan-jalan, foto-foto, kan enakan di rumah baca buku. Nah Lo! Gara-gara keseringan ngerem di rumah ga liat matahari jadi begitu tuh.

Jadi hari Rabu lalu, anak-anak udah antusias mau bikin wingko babat, mereka seneng banget ternyata gampang! Bunda cuma bantuin ngoles kuning telor dan masukin adonan ke loyang aja. Resepnya bunda dapet dari tante Endang waktu bunda rapat ke rumahnya. Bunda kan bawa oleh-oleh dan ternyata semua suka, ya udah jadilah si wingko dibuat projek cooking time liburan ini.

Ini dia resepnya:

Resep Wingko Babat

  1. Campurkan 1 putih telor dengan 3/4 cangkir gula pasir, 3/4 cangkir minyak goreng, dan 3/4 cangkir susu cair.
  2. Tambahkan sedikit garam dan 1 bungkus vanilie suiker.
  3. Masukkan ke adonan no.2 di atas: 1 cangkir tepung ketan dan 1 cangkir parutan kelapa. Aduk sampai rata.
  4. Masukkan ke loyang yang sudah dialasi dengan bakpapier (kertas roti).
  5. Panaskan oven sampai 175 derajat, set waktu kurang lebih 30 s/d 40 menit.
  6. Panggang ke dalam oven sampai setengah matang, lalu olesi permukaannya dengan kuning telor. Masukkan lagi ke dalam oven dan panggang sampai matang dan permukaan adonan menjadi kuning keemasan.

Pertama-tama mereka baca resep, terus lala ambil telor mecahin dan misahin kuning dan putih telor, malik ambil gula dan nimbang gula sampe tumpah-tumpah, terus masuk-masukin gula, minyak goreng, susu, garem gula, gantian. Pas udah jadi semua adonannya, mba lala semangat aduk-aduk. Waah ternyata kurang tepung ketan. Harus nunggu ayah deh. Setelah ayah pulang bawa tepung ketan, Malik dan mbak lala juga gantian masukin tepung ketan dan kelapa parut. Berantakan sih, tepung dan gula berhamburan kemana-mana. Tapi kalo dilarang ya mereka ga belajar, kan bisa diberesin, jadi gapapa deh berantakan, gitu pikir bunda.

Setelah adonan jadi, bunda yang naro ke loyang. “Niy liat nih, dipanggang dulu 15 menit ya, nanti kalo udah 15 menit berhenti dulu buat ngolesin kuning telor. Tapi sebelum dipanggang, oven nya harus dipanasin dulu 3 menit.”

Tunggu punya tunggu, sambil makan malem, si wingko dibakar. Lalu tuit tuit, oven bunyi. Horee udah jadi! Kami ga sabar pengen nyobain. Dan hasilnya hmm enaaak! “Ini semua anak-anak yang bikin lo Yah, Bunda cuma ngolesin telur doang.”

Anak-anak mesam mesem bangga. “Tuh kan masak gampang kan…” Pokoknya aku pengen banget anak-anakku bisa masak ga laki ga perempuan. Di Belanda sini anak-anak remaja laki perempuan rata-rata pada pinter masak. “Masak itu keahlihan Ik, mba Lala, kalo kita punya banyak keahlian, hidup kita akan lebih mudah, dan kita bisa pake keahlian itu kalo lagi butuh.”

Mereka manggut-manggut. Bunda pengen ajarin mba lala bikin nasi goreng dan lain-lain yang udah mulai susah gitu, tapinya mba lala tuh parno sama api, takut banget deh sama api meski sekarang lebih mending daripada dulu, jadi bunda belum ajarin, pelan-pelan deh.

You May Also Like

About the Author: Agnes