Home » Diary Parenting

Ketika Anak Lanang Berulah

Anak lanang berulah Membuat senut-senut kepala si ayah Di usianya yang ke-11, tanda-tanda ledakan perkembangan dahsyat otaknya mulai merekah? Entahlah

Read More »

A Girl’s Decision about Hijab

I was amazed and speechless. It is because of our conversation, my daughter and I. I made an agreement with her that we will keep speaking in English to each other as I know that my brain is not as fresh as her, as I realized that I can learn  good English from her and as I need to keep talking in English with somebody, otherwise my ability to speak the language will vanish. So, we have been talking in English for several months since I moved to Indonesia, mmh…not…

Read More »

Balada Susahnya Mbujukin Anak Pulang Kampung

Suatu hari waktu whatsapp an sama si bungsu: Bunda: Halo say, lagi liburan ya, bikin lego ya, kereeeen. Ik, bunda kangeeeen! Si bungsu: Me too Bunda: Aik udah mau pindah ke Indonesia kan? Si bungsu: Belum pindah, mau libur (belum mau pindah, maunya liburan doang di Indo). Bunda: *What?! Hadeeeuh…. * “Tahun depan ya Ik, pindah ke Indonesia ya, mau kan?“ Si bungsu:“Nga. Mau libur.“ Hayyaya keukeuhnya. Perasaaan udah dibujuk puluhan kali, koq jawabannya  masih belum terus piye iki @#$%$^&

Read More »

Pamer?

Suatu malam menjelang tidur, pembicaraan dengan anak lanang: Anak lanang: “Bun, Aik mau bilang gunanya handphone, tapi 3 aja,” katanya tiba-tiba bawa topik handphone. Bunda: “Oke, apa tuh Ik gunanya handphone?” Bunda siap-siap pasang telinga. Anak lanang: “Satu untuk komunikasi, terus untuk herinneren (reminder) kalo kita punya afspraak (janji), terus mm… untuk alarm,” katanya lagi. Bunda: “Siip..Bunda tambahin yaa. Untuk cari informasi pake internet, untuk fesbukan, twiteran, main game, ya toh Ik?”

Read More »

Dagelan akibat gagap bahasa

Suatu malam menjelang ritual tidur ketika si bunda ngecek kemampuan bahasa Indonesia anaknya: Apa bahasa Indonesianya merah-merah di bawah gigi? Daging gigi! Jawab si bungsu, gara-gara ga tau, tapi terus maen translate bahasa Belanda ke Indonesia (gusi bahasa belandanya tand vlees, (tand = gigi, vlees=daging) jadilah gusi = daging gigi. Hehehe, yaa masih oke lah kalaw begituh :D

Read More »

Gadgets vs Buku

Gadgets… gadgets everywhere. Anak-anak sekarang jagoan pastinya kalo soal gadget dan bisa duduk anteng berjam –jam mainan gadget . Termasuk si bungsu, demeeen banget sama yang namanya gadget. Baca buku apa kabar? Akhirnya bye bye buku dah padahal waktu kecil doi suka buku dan sebelum tidur selalu baca buku. Belakangan ini ritual baca bukunya betul-betul menghilang gara-gara gadget lebih menggiurkan, selain karena ditinggal emaknya berbulan-bulan jadi ga ada yang nyerewetin kali ya *sigh* Akhirnya si emak bertindak. Diajaklah si bungsu nonton film ‘Gifted hand’ yang menceritakan tentang seorang dokter bedah…

Read More »

Malala dan Pelajaran Membaca

Catatan ayah Ismail Fahmi : Obrolan di meja makan tadi malam sama anak-anak. Tentang seorang anak perempuan pemberani, bernama Malala. —-

Read More »

86.400 Kali Harus Berterimakasih Sama Allah Setiap Hari

Diskusi ayah dan anak sambil gulat, ditulis oleh ayah Ismail Fahmi, diedit dengan semena-mena oleh si emak. Suatu hari setelah sholat maghrib terjadi dialog antara si bungsu dan ayahnya. Tapi berhubung si bungsu demen maen gulat dan ia mengaku sedang hiperaktif maka diajaklah ayahnya ngobrol sambil main gulat,”Yah Aik lagi hiperaktif , Aik mau gulat sama ayah!” Jadilah akhirnya dialog berlangsung sambil main gulat :) Ciaat..ciaat..uugh! “Ayah harus jatuh! Hmmh…” Setelah memasang kuda-kuda…tubuh kecil Aik lalu berusaha keras mendorong tubuh ayahnya. Si ayah tak mau kalah…tangan-tangannya berusaha menahan tubuh Aik….

Read More »

Ramadhan is ongezond! Ramadhan itu ga sehaaat!

Waktu lagi chat sama suami, tiba-tiba aku dapat kabar bahwa si bungsu anakku malah lebih memilih ga punya agama daripada ga bisa hidup gara-gara menderita karena puasa! OMG! Gubraks banged ga seeh! Opo tumon hehe Padahal belakangan ini sering kulihat status fb teman-teman yang bilang,”Alhamdulillah anakku puasanya tamat terus. Senangnya punya anak pinter puasa,” dan seterusnya…dan seterusnya… Duh senang dan bangga banget dong pasti orangtuanya. Nah diriku apa kabar dong jadinya? :D Begini dongeng lengkapnya : (ditulis oleh ayahnya si bungsu dan diedit dengan semena-mena oleh istrinya si ayah :D)

Read More »

Pohon dan Rumputnya, Buku dan Peernya

Suatu hari setelah si bungsu berbuat sesuatu yang ngeseliiin banget dan bikin ngurut dada. Si Bunda: “Hmh..capeek! Percuma ngasuh anak sendiri, dengan tangan sendiri dari sejak lahir, hasilnya kaya begitu tuh, mendingan kaya anaknya si A, B ato C aja deh taro di pesantren aja pulangin ke Indonesia, biar bener.” Suaminya si bunda: “Are you sure Mom?” Kalau kita nanam pohon kan pasti akan tumbuh rumput, ya kewajiban kita dong untuk mencabuti rumput tersebut.”

Read More »