Home » Resep Asyik

Racing car-Landak Cake

“Ini mobil apa landak ya,” kata suamiku. Ihik…maunya sih bikin racing car cake buat ultah ke-5 aik kamis kemaren. Tapi berhubung fondant yang kupunya tinggal dikiiit banget, yo wis pake yang ada, chocolate pasta sekalian ngabisin sisa ultah lala kemaren maksudnya. Ealah ga taunya jadinya malah ga keruan, mana motong kuenya salah pula. Akhirnya kupoles lah dengan butter cream, hasilnya lumayan kali yee ga jelex-jelex amat, walopun semua yang liat pasti pada bingung, ini binatang apa mobil? Landak yak, tapi koq ada rodanya hehe

Read More »

“Lala en Slaapbiertje Cake” (Horeee! Akhirnya bisa bikin fondant :-))

Setelah sekian lama kuralang-kuriling nyari fondant, akhirnya nemu juga si fondant di Belande. Yang jelas di Groningen kaga ade. Tadinya pengen bikin sendiri, tapi diitung-itung koq harganya ga jauh beda sama beli, sama-sama mahal. Duh pokoknya si fondant ini cukup menguras kantong student deh, mahal pisaan. Belom lagi pewarnanya. Waah bener-bener bikin bangkrut.Apalagi kudu pake ongkos kirim, halaah :(. Untungnya kemaren sih nitip temen. Tapi koq dibela-belain? Huhuhu iya abis gimana ya penasaran banget sama yang namanya fondant, berikut dipikir-pikir ga setaun sekali juga deh bikinnya. Ini cuma dalam rangka ulangtahunnya Lala aja nih, yang jatuh pada hari ini.

Read More »

Empal Gepuk

Lebaran kemaren aku coba bikin empal gepuk, resepnya nemu di internet, trus aku variasi gitu deh. Yang jelas aku ga suka kalo empalnya terasa manis kayak gepung nyonya ong gitu. Aku lebih suka yang berasa asem manis asin, dan resep ini mewakili mauku. Rasanya hmm… enak dong. Aik sekali makan pake nasi doang bisa sepiring mentung plus 5 biji empal, wuih baru kali ini liat Aik makan kayak gitu hehe…

Karena aku kalo bikin sekaligus banyak alias pamalesan.com hehe ini dia resepnya. Lumayan kan kalo sisa bisa masuk freezer hehe :

Bahan:
– 2 kg daging sapi yang bagus (7,5 euro per kilo kalo di Fiysal)

Read More »

American Risoles

Dah lamaaa buanget aku bela-belain beli smoked beef yang harganya muahal di slagerij halal. Rencananya mo dibikin Amris dari kapan hari, tapi baru kesampean kemaren pas ada acara bukber buat rapat tim ludrukan. Rasanya sebenernya enak banget, cuma koq smoked beef versi Groningen rasanya asin buanget yak hiks, jadinya enak tapi ya itu giliran gigit smoked beef asiin! Pengen kawin lagi kali tuh si penjual smoked beef hehe. Soo sebelum beli smoked beef make sure tanya dulu sama si penjual, ini rasa smoked beef asin apa kagak. Secara daku nggak tau rasa asli smoked beef tuh kayak apa seh, duuh kecian deh gw hare gene kaga tau smoked beef hehe. Katanya sih si smoked beef bisa juga diganti sama tumisan daging yang dah dibumbuin gitu, ntar deh laen kali bakal ku coba. Tapi yang jelas hasil gorenganku mantaap, berkat tips dari mbak ine NCC.

Read More »

Tiramisu NCC

Lebaran = bikin kue. Iya dong, berhari-hari daku ngupleek aja di dapur, tapi sayangnya tiramisu yang kubuat kali ini bukan buat acara lebaranku, tapi buat pesenan. Lah aku juga males bikin buat sendiri wong kalo aku bikin di kulkas nggak habis-habis. Tiramisu NCC ini rasanya jelas enak dong, wah nggak ada lah tiramisu yang nggak enak asal pake mas karjo alias mascarpone. Gimana nggak enak wong harga si mas karjo ini muahal je, makanya kalo bikin 2 resep buat satu wadah besar kadang kuakalin pake maskarjo plus cream cheese, jadinya murmer kaan….tapi sayangnya fotonya jelex euy.

Oya satu lagi resep ini walopun pake kuning telor mentah tapi bebas flu burung lo karena pas ngocoknya di rendem pake air mendidih. Walopun untuk pastinya bener nggak si kuman mati musti baca-baca penelitian dulu kali yee hehe but at least lumayan lah dikocok bermenit-menit pake wadah penghantar panas yang baik rasanya si kuman mati juga kali yee hehe

Read More »

Rendang Nendang

Waktu mau liburan ke Itali kemaren aku bikin rendang. Bosen kan kalo bawa ayam goreng melulu. Kucari-cari arsip resep dari NCC, ternyata waktu itu ada resep Rendang Nendang dari mbak Lia Surabaya. Katanya sih enak banget karena rahasianya ada di bunga lawang alias star anise. Kebetulan pas aku ke toko Melati, eeh ada itu si bunga berbentuk bintang. Asyiik..bener-bener kesampean pengen bikin rendang nendang sesuai resep ga pengen ada yang dikurang-kurangi.

Dan hasilnya…taraaa! Bener-bener lezat! Cie…sapa dulu dong yang ciptain resep, bukan gw lo hehe. Padahal aku baru pertama kali nih bikin rendang, tapi karena resepnya oke, hasilnya juga oke banget. Walaupun tangan pegel-pegel karena ngaduk sekitar 3 jam. Dulu pernah bikin rendang juga deng sekali cuma karena resepnya ga jelas rasanya juga ga jelas :-)

Read More »

Chicken Cordon Blue

Resep ini kudapat dari milis WRM dari mbak Virie, bikinnya lumayan ribet tapi enak dong. Cuma sayangnya aku pas kasih garem ke daging kebanyakan jadi yang pertama asin huhuhu. Untung yang kedua bisa dicuci, lumayan lah. Komentar suamiku sih seperti biasa ga pernah protes, “enak koq.” Tapi asli, emang enak, asal ga kebanyak garem aja :-)

CHICKEN CORDON BLEU by Virrie

untuk 4 orang

4 dada ayam fillet
4 lembar keju Swiss atau keju Provolone (bisa diganti
dgn keju cheddar, monterey jack atau apa saja yg moms
punya di kulkas, kalau bisa jangan pakai keju
mozzarella)
4 iris (tipis) daging asap (bisa turkey, beef atau

Read More »

Lagi-lagi Chizkek

Naah kalo chizkek ini pesenan buat ultahnya Nisa. Karena aku bosen pake buah, akhirnya terinspirasi hiasan chizkek di blognya mbak Dewi Anwar aku pake kacang almond dipinggir-pinggirnya. Sayangnya semua permukaan nggak aku tutup pake selai blackberry, jadi lama-lama keliatan ungu-ungunya. Trus tulisannya juga lama-lama jadi semu ungu gitu. Yah itung-itung perpaduan warna kali ya, nggak jelek-jelek amat (lagi-lagi menghiburdiri.com) hehehe…

Read More »

Brokus Dibuat Cantik

Aku dapet pesenan brokus lagi buat ulang tahun seseorang. Rasanya bosen hiasannya dikasih jeruk mandarin ditengah melulu. Akhirnya aku hias pake slaagroom, trus aku nemu spuit yang lubangnya kecil. Wah ternyata dengan spuit ini hasil tulisanku jadi lebih bagus (menghiburdiri.com hehe)

Read More »

Resep Pizza

Bikin Pizza susah? Eh ternyata enggak lo, gampaang banget! Resep pizza ini aku dapet waktu ada demo bikin Pizza oleh Senaz di acara masak-memasaknya deGromiest. Cuma, karena ada keluhan rotinya agak keras, resep rotinya aku ganti, nyari lagi di internet, ternyata lebih empuk jadinya karena ditambahin telor. Rasanya hmm…lumayan deh tamba kangen ama Pizza hut. Kalo bikin sendiri kayak gini, topingnya jadi bisa tebeel banget, puas deh makannya :-).

Ini dia resepnya :

Bahan-Bahan:
Roti:
300 gr terigu
1 sdm ragi instan
1 btr telur
2 sdt gula pasir
30 ml olive oil (minyak zaitun)

Read More »