Home » Resep Asyik

Brownis Kukus

Gara-gara penasaran sama si browkus yang katanya di Bandung lagi musim, trus yang beli ngantriiii buanget. Akhirnya aku tanya ke milis WRMom, eh ternyata seru juga tanggapannya, ada yang kasih resep pula, dan ngajak mampir ke blognya. Habis itu aku trus blog walking ke dapur-dapur gitu, jadi ngiri deh liat ibu-ibu yang pada pinter-pinter masak. Habis itu, aku jadi betah deh nongkrongin milis NCC sama dapur bunda juga. Resep-resep yang kayaknya asyik aku kumpulin, coba nya mah ga tau kapan hehe. Yang jelas aku langsung coba resep browkus ini. Lumayan berhasil lah yaw buat pemula, rasanya mm…menurutku juga oke, cuma bagian atasnya aja agak-agak bantat dikit, kayaknya sih karena kukusannya kekecilan deh, jadi si serbet buat nutup panci kukusan sampe ternoda kue gitu. Cuma, aku bikinnya ga pake susu gara-gara susu kental nya ternyata dah expire, jd some day pengen bikin lagi. Tapi ga pake susu juga udah enak koq. Aku dan suamiku sih sukanya malah kalo makannya didinginin dulu di kulkas. Tapi sayangnya Malik ga suka euy hiks.

Read More »

Tom Yam ala Mbak Inne

Ceritanya nih, waktu lagi berkunjung ke rumah mbak Inne, disuguhin Tom Yam. Wah makanan apa pula tuh, daku koq blum pernah coba? Eeeh, ternyata seafood dan segeer banget. Daku kan paling suka seafood, lebih sehat gitu loh dibandingin sama daging-daging ato jeroan-jeroan. Ya sudah akhirnya minta resep ke mbak Inne dan coba bikin di rumah. Tapi aku coba bikinnya pake kuah dari mosselen (kerang) berikut kulitnya itu. Tentu aja kulitnya sih trus dibuang, ato dijadiin bahan kreatifan buat anak-anak.
Ternyata kuahnya enak banget, jadi si Tom Yam pun lebih kerasa seger dan seafood banged deh. Memang sih pake bumbu instant biar cepet walopun rada ga sehat juga ya hehe. Tapi enak dan praktis lah. Ini dia resepnya :

Read More »

Juragan Peyek

Aku dan suamiku adalah penggemar rempeyek. Dulu sewaktu di Bandung, aku suka membeli peyek satu atau dua toples besar sekaligus. Penjual rempeyek langganan kami adalah ibu-ibu yang tinggal di dekat tempat kerjaku. Dan hasilnya rempeyek itu akan ludes hanya dalam hitungan hari. Kalau ada kerabat datang dari Bojonegoro, kami akan selalu menitip rempeyek. Begitu juga kalau kami pulang ke Bojonegoro, mertuaku selalu menggorengkan peyek beberapa toples sebagai oleh-oleh.

Read More »

Resep Siomay Bandung

Baso-tahu.jpg siomay.jpg

Resep siomay ini aku dapat dari kursus juga waktu di Bandung. Ya sama deh, karena aku gemar sekale sama yang namanya siomay, dan mie baso, jadi ya dibela-belain kursus dah. Rasanya mmm…lumayan lah. Kata yang sudah pernah makan sih enak. Tapi jelas tak seenak yang di Bandung lah ya… Oya kalau bikinnya banyak, lalu dimasukkan freezer, diangetinnya sebaiknya dikukus. Soalnya kalau pakai microwave, rasanya jadi berubah. Tetep enak sih, tapi… berkurang 25 % kali yaa :-) Selamat mencoba…

Read More »

Resep Soto Ayam Jawa ala Mimih

Bersyukurnya ada pulsa telepon 1 eurocent per menit. Kalau tidak,

Read More »

Resep Fuyunghai Nyontek

fuyunghai.jpg

“Mang, itu dikasih apaan sih? terus yang itu apa mang? Oh minyaknya harus banyak ya Mang?” tanyaku pada si emang penjual Fuyunghai sebuah pujasera di Jalan Sumatra Bandung. Emang penjual tadi hanya menggumam singkat-singkat alias pelit menjawab he he. Dan raut wajahnya pun menunjukkan, dia sedikit tak suka ditanya-tanya. Ah, aku sih cuek saja, yang penting resep fuyunghai enak ini bisa aku dapatkan.

Read More »

Resep Ayam Goreng Mimih

ayam-goreng.jpg

Ternyata, masak itu gampang ya. Hmm… sekarang sih bisa bilang begitu. Dulu, sebelum berangkat kesini, aku agak-agak panik. Di Bandung, masak nasi pun aku tak pernah. Paling banter masak indomie dan goreng-goreng telur. Oiya, satu lagi keahlian masak yang aku bisa waktu itu, masak air dong… hehe.

Read More »

Resep Bakso Bezettingslaan

bakso.jpg
“Tambah nikmat kalo makannya sambil di depan komputer begini nih…mmm…lezat…”

Ceritanya, aku tuh sukaaa banget bakso. Anakku Malik juga sama. Gara-gara waktu hamil Malik aku doyan banget bakso kali, jadi menular deh :-). Nah, karena yakin disini susah cari bakso, sebelum berangkat ke Groningen , aku sempatkan untuk kursus membuat bakso. Eh ternyata, alhamdulillah banget, disini memang susaah sekali cari makanan berdaging yang halal. Tak sia-sia lah bela-belain kursus. Jadi, rasanya hmm… dijamin lebih enak daripada punya emang-emang yang suka nongkrong di pinggir jalan deh. Agak-agak kriting tak apalah ya, anggap aja bakso urat, yang penting kan rasanya… :-). Selamat mencoba…

Read More »