Home » Tanya Jawab Kesehatan

HIV dan Obsessive-Compulsive

Pertanyaan :
Mommies,
Beberapa waktu yg lalu saya sempet ngobrol di telpon sama temen di Surabaya soal virus HIV. Sampelah omong-omong kita ke cara penyebarannya. Dia pernah baca di sebuah artikel kalo jarum suntik yg bekas digunakan seseorang yg menderita HIV kalo dibiarkan saja selama 30 menit, nanti virusnya akan mati sendiri, jadi kita sih tidak usah terlalu “freak-out”. Kurang lebih gitu deh omongan beliau ini.

Read More »

27 Tahun Tidak Pernah Haid

Pertanyaan :
Mommies,
Tadi pagi seorang teman sms saya, di tempatnya tinggal (Aceh) entah masih saudara atau tetangga, ada seorang wanita yang sudah berusia 27 tahun tapi belum pernah sekalipun mengalami haid. Teman saya minta cariin informasi tentang hal itu karena di Aceh cukup lemot internetnya. Kira-kira itu kenapa ya, Moms ? Apakah itu berarti dia tidak subur ? Tidak bisa punya anak ? Atau apakah ia ternyata lebih pantas menjadi laki-laki seperti seorang atlet nasional yang dulu sempet heboh ? Bisa bantuin, Moms ? Terutama mommies yang bergelut di bidang kedokteran karena teman saya ini benar-benar memerlukan penjelasan secara medis. Terima kasih banyak sebelumnya.

Love,
Mom N di Jakarta

Read More »

Radang Usus

Pertanyaan :
Dear mommies,
Mommies.., aku dapet titipan pertanyaan temen, suaminya dibilang dokternya kena radang usus, gejala yg dialaminya seperti diare.., temenku pengen tau ttg radang usus ini, sharing ya..moms…., makasih banyak..sebelumnya.. :)

Mom R di Jakarta

Read More »

Test Paps Smear dan Infeksi Saluran Kencing

Pertanyaan :
Assalamuálaikum Wr.Wb
Saudari muslimah yang berbahagia..sehat semuakan? Mau cerita sedikit nih. Tiga minggu yang lalu saya di paps smear (bahasa belandanya apa ya, saya lupa) di huistart dan di Belanda ini pap smear ini merupakan program pemerintah bagi setiap wanita yang sudah berumur 30 tahun dan melahirkan jadi untuk biayanya gratis. Katanya sih kalau sehabis melahirkan akan ada surat untuk membuat janji melakukan papsmear tapi karena saya melahirkan disini pertama kali (anak ke 2) umurnya sudah diatas 30 tahun nggak terima surat itu. Akhirnya saya pergi ke huisart karena katanya bisa sama huisart.

Read More »

KB IUD

Pertanyaan :
Assalamualaikum…
Bunda, Aku kenal bunda dari Salamaa, aku suka baca-baca emailnya anggota Salamaa, kita memang belum pernah ketemu, aku tau sedikit aja tentang bunda, mungkin juga aku sudah bikin banyak salah..(maaf ya, lancang nebak-nebak) dan nanya-nanya. Bunda Agnes ini kalau gak salah yang ibu dokter kan ya? Aku boleh tanya tentang anti konsepsie gak?

Bagaimana menurut bunda tentang spiraal?, apa itu dosa jika di pasang di tubuh wanita? Atau risikonya terlalu besar?, karena aku baca brochurenya spiral (jenis mirena= ada dua jenis kalau gak salah (mirena yang modernnya, satunya lagi yang klasik yang tiap bulannya masih datang menstruasi)–namanya begitu kalo gak salah) ini jika di pakai harus dalam 5 tahun, dan dalam masa itu tidak datang masa menstruasi? bagaimana ya? apa itu sama sekali tidak baik untuk kesehatan?atau memakai anti konsepsie itu dosa? Makasih banyak atas adviesnya, kalau aku salah tebak (bahwa bunda Agnes adalah seorang Dokter), maafkan aku ya..juga maaf sudah merepotkan bunda..

Wassalam,
A di DenHaag

Read More »

Angina Pectoris

Pertanyaan :
Mbak angina pectoris itu apa ? tolong di jelasin dan gimana menanggulanginya?

Dari Mbak E di DenHaag

Read More »

Menstruasi Lama

Pertanyaan :
Dear mommies, apalagi mom dokters..

Kira-kira apa [aja] sih yang bisa bikin menstruasi jadi lama? Saya mens sudah 3 minggu lebih belum beres juga. Nggak banyak sih memang, sedikit sedikit. Tapi lama.

Mom D di Amrik

Read More »