READ MORE >>   Tanya Jawab Kesehatan

Pertanyaan :
Dear mommies,
Mommies.., aku dapet titipan pertanyaan temen, suaminya dibilang dokternya kena radang usus, gejala yg dialaminya seperti diare.., temenku pengen tau ttg radang usus ini, sharing ya..moms…., makasih banyak..sebelumnya.. :)

Mom R di JakartaJawab :

Dokternya mungkin nggak mau pusing-pusing jelasin ya mbak R, jadi dibilang aja radang usus, padahal radang usus itu macem-macem :-)

Secara anatomi mungkin harus diperjelas dulu, bahwa saluran pencernaan itu mulainya dari mulut, esofagus lalu ke lambung, lalu usus kecil, usus besar dan
terakhir rektum dan anus. Soalnya kadang-kadang nggak jelas yg dimaksud sebetulnya radang di usus atau di lambung. Selain itu radang usus/lambung itu ada yang akut (kurang dari 2 minggu) ada jg yang kronis. Masing2 beda perlakuannya. Itulah kenapa jadi harus jelas dulu, lokasi dan lama sakitnya.

Kalo disebut radang usus, berarti ada infeksi di usus, entah usus kecil atau usus besar. Penyebab infeksi usus bisa macam2, bisa karena virus, bakteri, parasit.
Biasanya gejalanya memang ada diare. Penyakit typhoid juga termasuk infeksi usus yang disebabkan oleh kuman typhoid dan menyerang usus. Gejalanya selain panas biasanya jg ada diare atau konstipasi. Tapi istilah radang usus mungkin lebih sering dipake pada penyakit diare krn kuman akibat makan2an yang kurang bersih.

Kalau infeksi nya terjadi di lambung, biasanya disebut gastritis (orang sering bilang maag). Gastritis ini bisa disebabkan oleh infeksi kuman, bisa krn iritasi
(makan2 pedas/jarang makan/obat2 pengiritasi lambung), bisa juga krn autoimmun. Keluhan biasanya mual, rasa tidak nyaman di lambung, cegukan, muntah dan lain-lain.

Jadi, kalo ke dokter lebih baik kayak mom Dita, sampe bawa2 artikel segala hehe (sori Dit,patut dicontoh soalnya :-)), maksudnya proaktif aja n banyak tanya, biar jelas apa yang dimaksud sama si dokter. Kan ke dokter udah bayar ya, mosok jawabnya pelit banget gitu hehe…

Gitu aja sharing dari aku mbak R, semoga membantu yaa…

Wassalam hangat,

Agnes

  READ MORE >>   Tanya Jawab Kesehatan.


7 Comments on “Radang Usus”

  1. ass,
    wah mbak, kalo saya yang sakit gituan bukan suami temen saya lagi. malahan saya nih yang sekarang diperkenankan mencicipi radang usus itu. perut rasanya sebah, sering pengen ke belakang (awalnya sampe gbs ditahan), dan perut rasanya melilit. sudah dikasih obat sih dr GMC tapi kemarin g sempat ngobrol banyak sama dokternya.
    ada pantangan makanan atau minuman biasa nggak sih mbak? ya kayak buah-buahan (rambutan misalnya, karena di sini sedang banyak rambutan, hiks), susu, minuman isotonik gitu. terima kasih untuk jawabannya.

  2. Hai mas taufik, pantangan makanan biasanya tergantung individu ya, tp biasanya sih yg asem2, tp tergantugn parahnya dan beda2 jg tiap orang reaksi thd makanannya. Jd diperhatikan aja makanan apa yg biasanya bikin sakit. Yg jelas sih dgn gaya hidup sehat dan pola makan sehat,biasanay penyakitnya pergi deh.

    agnes

  3. dear Mommies…
    hallo kenalin saya Dea, kebetulan saya lagi cari informasi ttg infeksi usus, terus ketemu sama website ini deh..
    yang saya mau tanyain soal temen saya, dia katanya kena infeksi usus
    gejalanya antara lain perut kembung, rasanya perut itu penuh dengan air, perutnya sakit, apalagi bila perut sebelah kanannya (dekat puser) ditekan, agak demam, dan jadi nggak bisa BAB.
    oh ya temenku ini sudah merasakan sakit sejak 3 hari yang lalu, dan sekarang sudah mengkonsumsi obat Buscopan plus dan baquinor forte selama 2 hari, tetapi masih belum sembuh juga (sekitar 7 bulan yang lalu dia pernah mengalami sakit yg sama tetapi setelah ke dokter dan diberi resep obat ini jadi sembuh)
    Jadi kira2 infeksis usus ini jenis apa ya? penyebabnya apa? obat yg harus dikonsumsi apa? apa ada makanan tertentu yang harus dikonsumsi untuk membantu penyembuhannya? ada pantangan tertentu nggak?

    sekian pertanyaan2 saya Moms, maaf ya terlalu banyak, hehehe….
    Tapi terimakasih banyak ya dok…. semoga bisa segera dijawab

    Trims
    Dea

  4. waah .. sekarang aku yang tepar gara2 si radang usus ini ..
    dulu mmg punya magh tapi krn rajin terapi akupuntur, aku sudah ga pernah kambuh dlm 1 thn ini. Senin lalu aku makan siang dengan nasi padang ber lauk rendang plus perkedel kentang, ga sampai 1 jam kemudian perut mual & muntah2 , tadinya aku pikir krn pemakaian vetsin yg berlebihan di rendang padang tsb makanya aku mual, tp koq tiap jam tambah parah muntahnya plus perut serasa di plintir, mylanta sdh ga mempan lagi.

    3 jam berikutnya aku sdh pucat pasi krn muntah ga berhenti, jam 5 teng lsg kabur dr ktr, malem itu aku minum susu cap beruang buat menetralisir kalau2 aku keracunan. Besok paginya ga bisa ngantor krn perut msh berasa di remas2 & sakit kepala yg hebat smp keringat dingin, kalau aku paksa bangun pasti muntah lagi, sorenya aku kuat2-in pergi ke dokter & blio bilang aku keracunan makanan & kena radang usus .. :( ..
    di kasih buscopan & ranitidin, utk mualnya dikasih vomitas & farmaero forte.. aku dianjurkan makan yg lembek2 dulu, menghindari makanan keras, pedas & berminyak ..(*mirip org thypus yah ..

    *duuh ternyata perutku ga setambeng penampakannya .. hiks .. :’( *

  5. ass,
    mbak,,kl sya udah 6 hr diare(mencret”maaf), dan sering mual setelah makan, pernah muntah sekali.perut juga sering sakit, di bagian kiri bawah,, apa ini termasuk radang usus?saya belum periksa ke dokter, hanya minum diapet dan makan pucuk daun jambu, tp diare nya sampai sekarang belum kunjung sembuh juga,,mohon saran dan infonya,,thanks,,
    wass,

  6. Ass, mb kalo gejalanya susah BAB (jarang BAB, kadang 5 hari sekali), tiap hari rutin sakit perut (pagi setelah makan) rasanya sakit bgt kya ditusuk2 tp cuman bbrp detik. Hbs itu lgsg sembuh stlh kentut. Itu gejala infeksi usus bukan ya mba?
    Thx.

  7. ass. mbak.
    Saya ingin share dengan mbak mengenai anak saya laki2 yg skrang berumur 11 th, ketika umur -/+ 3 thn BAB diare terus dan sudah ke dokter dan diberi obat namun tidak sembuh, dan ketika misal makan wortel, sayur, susu maka BAB yg keluar adalah wortel, sayur dalam bentuk kunyahan dan susu dalam bentuk kental hal itu terjadi sampai umur -/+ 5 thn sampai2 anak saya mengalami keterlambatan dlm tumbuh kembang terutama dlm bicara, dan saat ini anak saya mengalami kram dan linu pada kaki dan otot2 lantas di lab darah dan foto rontgen pada bagian perut serta tulang dada dan dokter menyatakan bahwa anak saya mengalami radang usus, karena pada bagian usus terlihat hitam2, lantas dokter mengatakan bahwa penyakit kram dan linu terlebih dahulu disembuhkan.
    Pertanyaan :
    1. Bagaimana penyembuhan radang usus?, dan obatnya apa?
    2. Apakah ususnya nanti dipotong?

    Terima kasih
    WAss.