READ MORE >>   Resep Asyik

Resep siomay ini aku dapat dari kursus juga waktu di Bandung. Ya sama deh, karena aku gemar sekale sama yang namanya siomay, dan mie baso, jadi ya dibela-belain kursus dah. Rasanya mmm…lumayan lah. Kata yang sudah pernah makan sih enak. Tapi jelas tak seenak yang di Bandung lah ya… Oya kalau bikinnya banyak, lalu dimasukkan freezer, diangetinnya sebaiknya dikukus. Soalnya kalau pakai microwave, rasanya jadi berubah. Tetep enak sih, tapi… berkurang 25 % kali yaa :-) Selamat mencoba…Ini dia resepnya :

2 ons daging ayam dicincang (kalo mau rasa lebih nandang, ganti dengan tenggiri ato separo tenggiri/spanish mackarel plus separo panga fillet)
1 ons udang dicincang
2 ons ikan tuna/tenggiri dihaluskan
1 ons tepung tapioka/aci
2 sendok makan ebi digoreng dan diuleg lemes.

Bumbu :
bawang putih 4, bawang merah 4
merica 1 sdt
bumbu masak/vetsin/royco 1/2 sampai 1 sdt tergantung
selera

gula 1 sdt
garam 1 sdt
kecap ikan 5 sdmakan (kalau nggak ada ga usah juga tetep enak koq)

Semua daging dan bumbu diuleg/blender/mixer, lalu
diulet pake tangan.

Tambahkan air biasa 150 cc boleh ditambah lagi max 50 cc, disesuaikan, pokoknya tidak terlalu cair, juga tidak terlalu keras.

Setelah semua tercampur, harus langsung dibentuk.
Kalo pake tahu jangan lupa tahunya rendam pake air
garam dulu

Setelah itu, kukuslah kurang lebih setengah jam…

Oya ini resep sambelnya :

100 gr cabe rawit/merah + 1,5 sdt garam + 1/2 atau 1
sdt vetcin/bumbu masak + gula 4 sdm.
Semua diuleg lemes/blender lalu digoreng sampai
matang, baru masukan kacang suuk 250 gr yang telah
digoreng ditumbuk. Kkemudian beri air 450 cc, setelah
agak asat angkat. Bila mau dimakan tambahkan kecap dan
jeruk limo…

Atau bisa juga dari resepnya keluarga Nugraha, katanya lebih enak :

200 gr kacang tanah goreng
50 gr kemiri sangrai
3 siung bw putih goreng
2 cabe merah kukus
garam secukupnya
gula secukupnya
kecap sedikit
100 ml air
jeruk limau
daun jeruk

Resep sambel pakai kacang pindasaus (kacang yang sudah dihaluskan) :
untuk 250 gr kacang:
bawang putih 4 buah
kemiri sangrai 4 buah
cabe merah 2 atau 3 buah
air 500 ml
gula 1 sdt dan garam 2 sdt (selera)
catatan: 3 resep jadi 60 bungkus plastik kecil (@ kurleb 4 sdm)

Semoga sukses dan semoga suka yaa :-)

  READ MORE >>   Resep Asyik.


24 Comments on “Resep Siomay Bandung”

  1. Resepnya oke banget. Udah cantik pintar masak lagi. Makacih ya, nes…

  2. yach bisa nya cuman buat somay. nggak okkkehhh tuvh

  3. October 16th, 2006 at 6:45 am
    Agnes Tri Harjaningrum says:

    Iya mbak, saya memang harus lebih banyak belajar lagi dalam soal masak, maklum mbak saya memang pemalas dalam urusan masak :-)

  4. Ealah, cari resep siomay di google, ternyata nyantolnya di blognya Agnes.
    Nes, iraha balik yeh? Kemaren gue ketemu Tin, ketawa2 trus tadi pagi ketemu Hermin juga ketawa2 eh sore ini ketemu elo di blog. Ketawa2 lagi….
    Resep siomay gue ketinggalan nih di jakarta, tapi resep elo kayanya lumayan bener nih. Rasanya pasti OK.
    Salam buat suami dan anak2.

  5. April 29th, 2007 at 10:36 am
    Agnes Tri Harjaningrum says:

    Hai med, waah hebat euy medi, udah jadi spesialis masih sempet2nya masak bikin somay sendiri. Jangan lupa lapor kalo enak ya med hehe…

    Btw, lo nape ketawa-tawa ndiri med, inget masa muda yak hehe, oke deh salam buat temen2 dan juga kluarga yaa :-)

    agnes

  6. mbak,…(ini saya lagi, jgn bosen ya)..kalo gantinya tengiri apaan sih di belanda ?? Saya pernah nyoba pake makreel tapi jadinya amis banget.Pernah nyoba pake kabeljauw dicampur udang en ayam hasilnya mendingan tapi totalannya jadi membengkan alias mahal.Kalo pake tuna emang mendingan ya..??
    Heel veel dank

  7. August 15th, 2007 at 1:19 am
    Agnes Tri Harjaningrum says:

    klo mo enak emang biaya membengkak ya rin :-) aku jg pake ayam n udang selalu. Trus klo mau enak n ikan aja, coba pake spanish mackarel klo ada. Klo ga ada aku pernah coba bikin pempek pake victoria barsh, enak deh kerasa banget ikannya, kayanya buat somay jg pasti kerasa bgt, cuma ya itu mahal bo, sekilo 14 euro jek, jatohnya sama aja ya klo pake ayam n udang :-) Klo pake tuna, enak sih cuma warnanya jd gelap jelek deh hehe.

  8. Halo Agnes makasih ya dah sharing resepnya. Kebetulan minggu depan mau ada acara dirumah nih…mau nyoba resep siomainya,
    salam
    Wiwin

  9. ih mbak, seneng deh comment nya di reply….salam buat anak2 ya, kayanya lucu.(kok ga nyambung siy)

  10. September 16th, 2007 at 11:05 pm
    Agnes Tri Harjaningrum says:

    sama-sama mba :-), kabar-kabari ya klo dah sukses :-)

  11. Nes…
    Waktu ngaduk adonan somaynya, ngaduk nya pake air biasa apa pake es..?

    Sebelum kuliah saya pernah ikutan dagang dengan sodara, “Somay Bandung” di Bandar Lampung.

    Itu mereka ngaduknya dengan es batu yang sedikit dihaluskan.

  12. Klo aku ngaduknya ga pake es dan baek2 aja tuh n sukses hehe..
    Mungkin klo pake es hasilnya lebih bagus? aku jg ga tau, klo udah coba pake es kabari hasilnya yaa :-)

    agnes

  13. lagi cari resep siomay..nyampe de di rumah mba..daku ijn print ya, mo dicoba, thx

  14. Monggo Ie, smoga sukses yaa :-)

  15. Oo.. Trnyta bikn siomay pk udang+ayam jg ya, dikirain cm ikan tnggiri aja, hehe.. Makasi ya resepnya.. ;)

  16. March 12th, 2008 at 8:57 am
    Agnes Tri Harjaningrum says:

    ada jg yg resepnya cuma pake tenggiri aja, tergantung mo pilih yg mana, berhub disini ga ada tenggiri jadi mending ikannya dicampur sama ayam n udang biar enak, tp klo ada tenggiri, tenggiri aja jg dah enak :-)

  17. thx resepnya, dari gambarnya kayaknya ENAK tuch…tapi gw punya pertanyaan nich: – klo ayam n udangnya gak di pake, trus ikan tengirinya jadi berapa donk???? and ini bisa jadi berapa pcs???
    Thx infonya

  18. wah resep siomaynya sptnya enak nih! nanti saya mau coba ah!
    btw ‘org2 gak jelas’ (QQQ & angell) itu ngomongin apa sih? kok sptnya gak nyambung yah?

  19. mba maap ikut gabung, bytw lg nyari resep siomay… aku dah nyoba dari resep dibuku tapi pake tepung sagu dan hasilnya keras banget ya, dan aku liat diblog mba resepnya pake tapioka.. apa ngaruh ya.. makasih

  20. mba agnes, salam kenal

    duh seneng bgt bisa nemu blog ini…sangat inspiratif terutama ttg parenting

    tp kali ini aku mo nyontek resep siomaynya mba…aku br bikin jg dapet resep dr temen cm hasilnya msh blon memuaskan…aku boleh nyontek resep punya mba ga??

    makasih ya mba…

  21. December 23rd, 2009 at 2:40 pm
    rogayah bachmid says:

    thanks a lot atas resep nya. baru jadi nih.. hehe

    moga2 ludes….

    sekali lagi trims