READ MORE >>   Resep Asyik

Pizza

Pizza

Bikin Pizza susah? Eh ternyata enggak lo, gampaang banget! Resep pizza ini aku dapet waktu ada demo bikin Pizza oleh Senaz di acara masak-memasaknya deGromiest. Cuma, karena ada keluhan rotinya agak keras, resep rotinya aku ganti, nyari lagi di internet, ternyata lebih empuk jadinya karena ditambahin telor. Rasanya hmm…lumayan deh tamba kangen ama Pizza hut. Kalo bikin sendiri kayak gini, topingnya jadi bisa tebeel banget, puas deh makannya :-).

Ini dia resepnya :

Bahan-Bahan:
Roti:
300 gr terigu
1 sdm ragi instan
1 btr telur
2 sdt gula pasir
30 ml olive oil (minyak zaitun)
150 ml air
garam secukupnya

Saus:
1-2 sdm minyak zaitun
1/2 bh bawang bombay,cincang kotak2
1 siung bawang putih, cincang halus
250 gr tomat kaleng/pasta tomat(bisa diganti tomat 5-7 buah, direbus trus diparut)
1 sdt garam
1/2 sdt gula
1/2 sdt basil
1 sdt oregano
Topping:
50 gr daging cincang/smoked beef
50 gr daging ayam,cincang kotak2 kecil
1 kaleng ikan tuna
1/4 bh bawang bombay, iris bulat tipis
1/4 bh paprika merah,hijau, kuning, potong kotak bulat tipis
1/2 kaleng jamur/jamur segar 25 gr
1 bh keju mozarella, parut

Cara Membuat:
Roti:
1. ayak tepung, lalu campurkan garam dan ragi instan.
2. masukkan air hangat dan minyak zaitun sambil diuleni selama -/+ 10 menit(sampai kalis). lalu bulatkan adonan..
3. diamkan adonan selama -/+ 15 menit.
4. taburi talenan dan adonan dgn sedikit tepung, lalu giling adonan sesuai bentuk loyang,
5.oles loyang dgn minyak zaitun.
6. taruh adonan yg sudah dibentuk ke dalam loyang.
Saus:
1. panaskan minyak zaitun. tumis bwg bombay dan bwg putih sampai layu.
2. masukkan pasta tomat. masak sampai kental dan meletup2(sambil diaduk).
3. masukkan garam, gula, oregano dan basil.
4. masukkan daging cincang/ daging ayam/ ikan tuna. masak sampai matang, lalu diangkat.
Penyelesaian:
1. taruh saus-nya diatas adonan roti pizza, yg sebelumnya telah diolesi minyak zaitun pada permukaannya.
2. taburkan bawang bombay, paprika, daing cincang/ayam/tuna, jamur dan keju mozarella.
3. oven selama 20 menit dlm suhu 200 derajat celcius.

Tips :
- Jika terlalu basah adonannya, maka tambahkan tepung(sedikit2) dan bila terlalu kering kaku, tambahkan air(sedikit2).
- resep ini akan menghasilkan roti pizza dgn ketebalan sempurna, bila menggunakan ukuran loyang bundar diameter 24-26cm.
- bila ingin membuat 2 loyang pizza, dgn ukuran loyang lebih kecil dari 24-26cm, tambahkan bahan2 diatas, sesuai perbandingan besar loyangnya.
- ketika menaruh saus, jangan sampai ke tepi adonan roti pizza. sisakan sekitar 1cm. untuk menghindari saus keluar dari adonan(krn roti pizza akan mengembang ketika di oven) yang menyebabkan proses pematangan pizza lebih lama lagi.
- taburan keju digunakan pada topping paling akhir, yang gunanya selain untuk penambah rasa juga utk merekatkan semua topping.
- untuk mengecek apakah pizza sudah matang atau belum, tusuk adonan pizza dgn tusuk gigi/garpu/ujung pisau. tusuk pada bagian tepi luar (yang tidak terkena saus), lalu lihat apakah roti sudah mengembang sempurna ato belum. kalo masih lembek berarti belum matang.

  READ MORE >>   Resep Asyik.


18 Comments on “Resep Pizza”

  1. waduhh toppingnya lengkap bangeettt…..kalo aku biasanya pake model yang ga cape..hahaha pake tuna kaleng aja..payah yaaa…eh tapi pizzanya kayanya enak banget deh nes…kirimin dong :D

  2. July 3rd, 2006 at 1:24 pm
    Agnes Tri Harjaningrum says:

    Hehehe pake yang kaleng-kaleng nggak sehat In cieh :-) Duh andai dirimu dekat pasti deh aku kirimin :-)

  3. Thank’s banget buat resepnya. resep pizza rasa sdh ok. Cuma kenapa jadinya gosong banget bawahnya ya? tengahnya masih agak basah. padahal dipanggang suhu 200 dan 20 menit? Apa suhunya yang harus diturunin? thank’s

  4. March 30th, 2007 at 6:54 pm
    Agnes Tri Harjaningrum says:

    Mba angel, bisa jadi begitu karena tiap oven adatnya suka beda ya, jadi kuncinya memang kita harus ngenalin oven kita masing2.

    Met coba lagi ya mba, smoga sukses :-)

  5. Mbak, saya mau nanya keju mozarellany seperti apa ya?
    terus biasanya saya makan di pizza hut ada kental-kental, biasanya di masukkan didalam roti pizzanya yg di bentuk bulat di pinggir kelilingnya sehingga kembung itu apa ya? cara masukkan isi yg kental-kental itu kedlm rotinya gimananya biar keliahatan kembung di pinggir lingkaran tsb .

    thx
    peony

  6. Mbak Agnes..
    Aku baru copy resep pizza nya nih.. Ntar aku mau coba..
    Mudah2an OK..ntar tak cerita lagi deh hasilnya..
    Makasih yaa..

    Salam,
    Citra

  7. July 20th, 2007 at 11:24 pm
    Agnes Tri Harjaningrum says:

    Smoga sukses yaa..ditunggu loh laporannya :-)

  8. oregano itu apaan yah,gw kemarin pake rotinya beli dah jadi, kok ga bisa ngembang yah… ada saran ?

  9. Oregano itu kaya rempah2 wangi dari Itali klo ga salah, kaya daun2 yg udah dikeringin gitu lho. Klo disini sih di supermarket banyak, mungkin di sana di supermarket besar jg ada. Klo ga bisa ngembang masalahnya biasanya ada di raginya, kurang lama ndieminnya, ato kurang lama adoninnya. Met coba lg yaa :-)

  10. mbak agnes..makasih resep pizza nya…

  11. Wah, terima kasih info resep pizza nya nih mbak. Saya kebetulan lagi cari cari ide apa yang bisa wujudkan yang berhubungan dengan makanan. Karena kebetulan saya suka pizza, eh ketemu website mbak :-) Doain ya berhasil bikin pizzanya. Mudah2an gak bantet.

    Ada istilah yang baru saya denger nih mbak, yaitu basil dan oregano. Kalo oregano itu saya dah baca info mbak di bagian comment. Ya kalo basil itu apa yah ?? 2 bahan itu banyak dijual di supermarket kan ya ?? Ntar aku cari deh.

  12. Wah.. ini resep pizza harus dicopy, diprint dan di figura-in… he.he.he.. nyam..nyamm..nyammm. Thanks a lot mbak Agnes…

  13. thank you so much. saya mau coba nih. doain semoga selamat hehe

  14. Laporan hasil praktikum.

    Setelah resep coba diaplikasikan hasilnya seperti ini :
    - Topping : lumayan mantap, mungkin tuna nya yg bikin enak
    - Roti : koq bantat ya. Sudah pakai telor dan ragi. aturan waktu jg sudah dipenuhi
    - Saus : bayangan saya sausnya akan agak2 lengket seperti di piza hut. tapi ternyata tidak. apa harus pake sagu sedikit ?

  15. mbak,,aku udah coba resep roti pizzanya,,rasanya enak… bisa ngembang dengan baik..
    klo topingnya sih aku kreasi sendiri,,pake tuna + mayo + sosis.. enak bgt jadinya mbak,,
    makasi buat resep rotinya.. :)

  16. Siip ikut seneng klo sukses, kirim2 dong hehe

  17. rasa nya top banget nich jadi ketagihan buatnya mbak kalau ada topik lain nya kirim aku ya mbak