READ MORE >>   Resep Asyik

American Risoles

American Risoles

Dah lamaaa buanget aku bela-belain beli smoked beef yang harganya muahal di slagerij halal. Rencananya mo dibikin Amris dari kapan hari, tapi baru kesampean kemaren pas ada acara bukber buat rapat tim ludrukan. Rasanya sebenernya enak banget, cuma koq smoked beef versi Groningen rasanya asin buanget yak hiks, jadinya enak tapi ya itu giliran gigit smoked beef asiin! Pengen kawin lagi kali tuh si penjual smoked beef hehe. Soo sebelum beli smoked beef make sure tanya dulu sama si penjual, ini rasa smoked beef asin apa kagak. Secara daku nggak tau rasa asli smoked beef tuh kayak apa seh, duuh kecian deh gw hare gene kaga tau smoked beef hehe. Katanya sih si smoked beef bisa juga diganti sama tumisan daging yang dah dibumbuin gitu, ntar deh laen kali bakal ku coba. Tapi yang jelas hasil gorenganku mantaap, berkat tips dari mbak ine NCC.

Oya resep kulitnya tuh kayak panekuk yang enaak banget, wah aik langsung abis 5 lembar kulit amris dibuat panekuk, enak katanya mmm…yummy!

Resepnya begini neh:

Adonan kulit American Risoles:
100 gr tepung terigu
1 sdt garam
3 btr telur
300 ml susu cair
75 gr mentega, lelehkan
margarine untuk olesan

Cara membuat:
1. Ayak terigu, taruh dalam mangkuk bersama garam. Buat lubang ditengah, pecahkan telur di dalamnya, aduk satu arah.
2. Tambahkan susu sedikit demi sedikit, hingga adonan menjadi licin dan halus.
3. Tambahkan susu hingga habis, masukkan mentega leleh.
4. Tutup adonan dengan plastik, diamkan 30 menit.
5. Olesi wajan dadar diameter 12 cm dengan margarine, panaskan.
Tuangi 1 sendok adonan, ratakan sambil diputar, 2-3 menit, angkat.

Bahan isi :
4 lbr Smoked beef, potong kecil 2 x 2 cm
100 gr keju cheddar parut
4 btr telur rebus, potong kecil
1 butir telur, kocok lepas.
250 gr tepung panir.
½ Kg minyak goreng

Cara membuat :
1. Bentangkan crepes, isi dengan potongan smoked beef, potangan telur rebus, sedikit keju parut, lipat spt amplop. Sisihkan
2. Lakukan hingga crepes habis.
3. Celupkan crepes isi kedalam telur kocok, gulingkan dalam tepung panir.
4. Masukkan kedalam lemari pendingin kira-kira 1 jam.
5. Goreng hingga kuning.
6. Sajikan dengan saus pedas, atau cabe rawit.

Tips: Sukses menggoreng Risoles/Kroket
Kuambil dari MP nya mbak Ine, makasih ya mbak ine :-)

http://elkaje.multiply.com/journal/item/104

Keluhan yang sering terjadi saat menggoreng Risoles atau kroket
adalah :
- Kenapa pecah
- Kenapa tidak cantik, kadang rontokan tepung gosong ikut nempel
- Kenapa kelihatan sangat berminyak

Supaya Risoles/kroket cantik dan tidak pecah ada beberapa hal yang
perlu di perhatikan saat menggoreng dan persiapan menggorengnya.

** Tepung Roti

Gunakan tepung panir yang baik kwalitasnya. Tepung panir atau sering
disebut tepung roti, adalah tepung yang dibuat dari roti tawar yang
di keringkan dan dihancurkan. Tapi adakalanya produsen tepung roti
tidak cermat, sehingga roti tawar untuk tepung tercampur dengan roti
manis. Tepung roti yang tercampur roti manis, akan cepat gosong saat
di goreng. Begitu juga tepung roti yang dibuat dari kulit roti tawar.
Pilihlah tepung roti yang warnanya terang, cream pucat, ketimbang
yang kecoklatan, untuk menghindari tepung yang cepat gosong ini.

Sekarang banyak di jual tepung roti berupa serpihan roti, sering di
sebut Bread crumbs, tapi ini harganya bisa dua atau tigakali lipat
dari tepung roti biasa. Hasil risoles yang menggunakan Bread Crumbs
juga cantik.

** Perekat

Melapis risoles/Kroket, Gunakan putih telur atau batter mix untuk
media perekatnya, lalu gulingkan di tepung roti/bread crump.
Menggunakan kuning telur untuk perekat, jika jumlah kue sedikit tidak
masalah, tetapi jika jumlah banyak, akan menyebabkan minyak berbuih
dan cepat hitam/kotor.

Ini keterangan pak Thio Titan soal Batter Mix : Batter Mix Powder
(baca nya beter [E yang pertama seperti 'ES' dan yang kedua
seperti 'KE'] yah… soalnya anak-anak di sini (Toko Titan) udah
biasa ngomong beter, kalo ngomong Bater mix, ntar dikira Butter Mix)
fungsinya untuk menggantikan putih telur kalau mau merekatkan.
Caranya tinggal dicampur air, dengan komposisi

** Melapis

Melapis Risoles, cukup satu kali proses pelapisan saja. caranya,
celup 1/3 bagian risoles pada telur putih, gunakan satu tangan untuk
meratakan telur putih, sehingga risoles tidak terlalu basah oleh
telur ini.
Gulingkan ke tepung roti, ratakan tepung di seluruh badan risoles,
sambil di tepuk sekali dua kali agar tepung menempel, dan sisa tepung
yan tidak menempel rontok kembali ke wadahnya.
Melapis Kroket, dilakukan 2 kali pelapisan. caranya sama dengan
melapis Risoles, ulang kembali baluran telur putih dan tepung rotinya.

** Menggoreng

Gunakan minyak banyak dan api besar, agar proses penggorengan tidak
terlalu lama, dan kue tidak menyerap minyak.
Apabila jumlah kue yang akan di goreng banyak, lebih baik menggunakan
2 atau 3 wajan kecil/sedang yang digunakan ber-sama2, yang masing2
bisa masuk 8-10 kue, daripada menggunakan sebuah wajan besar yang
sanggup menggoreng 20 biji kue. Karena memasukkan kue sekaligus
banyak, akan mengubah drastis temperatur minyak goreng, akan
memperpanjang waktu kue terendam minyak.

Tepuk tepuk kue sebelum masuk ke minyak, supaya kelebihan tepung yang
masih tidak menempel juga ke kue akan rontok, dan mengurangi kotoran
pada minyak
Biarkan minyak sangat panas, cemplungkan kue secara cepat, jangan di
aduk, tunggu sesaat, lalu balikkan kue, tunggu sesaat, angkat dari
minyak. Karena minyak panas dan api besar, kue akan menguning dalam
waktu singkat. Penggorengan diperlukan hanya mematangkan bagian
lapisan luar saja.
Jika kue terlalu lama dalam minyak, kemungkinan kue akan bocor/pecah.
karena celah yang telah terjadi, memiliki kesempatan untuk lebih
mekar/terbuka lagi.

** Minyak Goreng

Biasanya, minyak yang telah di gunakan 3 kali angkatan gorengan, akan
terdapat endapan tepung roti yang rontok dan menghitam. Agar tidak
mencemari gorengan berikutnya, buang dulu endapan ini, dengan cara di
saring terlebih dahulu.

** Meniriskan gorengan

Gunakan tirisan kawat untuk meniriskan gorengan yang telah diangkat
dari minyak. biarkan beberapa menit, sebelum gorengan di pindah ke
kertas hisap/kertas merang.
Berdirikan risoles saat meletakkan di atas kertas ini, agar penirisan
lebih optimal. Kroket, karena bentuknya bulat lonjong, biarkan
tertata rapi saja.

Tips dari pak Sahak biar risoles/amris tepung roti atau crambelnya tidak rontok adalah sebagai berikut :

1. Isi risoles atau amris letakan dikulit pada bagian yang licin lalu gulung.
2. Setelah digulung simpan dilemari es selama 1/2 atai 1 jam atau sampai mengeras.
3. Kocok telur utuh dengan sedikit air ( misal 3 butir telur + 100 cc air )
4. Celupkan risoles/amris kedalam kocokan telur.
5. Gulirkan pada tepung roti/crumbel.
6. Goreng dengan api besar
7. Cukup membalik 1 atau 2 kali saja.
8. Angkat.
9. Dinginkan.

  READ MORE >>   Resep Asyik.


2 Comments on “American Risoles”

  1. Ini ya na
    resepnya