READ MORE >>   Resep Asyik

Empal Gepuk

Empal Gepuk

Lebaran kemaren aku coba bikin empal gepuk, resepnya nemu di internet, trus aku variasi gitu deh. Yang jelas aku ga suka kalo empalnya terasa manis kayak gepung nyonya ong gitu. Aku lebih suka yang berasa asem manis asin, dan resep ini mewakili mauku. Rasanya hmm… enak dong. Aik sekali makan pake nasi doang bisa sepiring mentung plus 5 biji empal, wuih baru kali ini liat Aik makan kayak gitu hehe…

Karena aku kalo bikin sekaligus banyak alias pamalesan.com hehe ini dia resepnya. Lumayan kan kalo sisa bisa masuk freezer hehe :

Bahan:
- 2 kg daging sapi yang bagus (7,5 euro per kilo kalo di Fiysal)
- 400 ml santan (1 kaleng santan thailand) + 250 ml santen kardus thailand juga + ditambah air 200 cc dari sisa-sisa bersihin kaleng dan dus santan
- 8 lembar daun salam
- 4 batang serai, ambil putihnya digeprek
- asam jawa 2 jempol
- 6 sdt garam
- 1 atau 2 sdt royco

Bumbu Dihaluskan:
- 20 butir bawang merah
- 16 butir bawang putih
- 20 buah kemiri
- 120 gr gula merah
- 4 ruas lengkuas memarkan
- 4 sdm ketumbar halus

Cara membuat:
- Rebus daging bersama santan, daun salam, sereh, dan bumbu halus (daging dipotong besar-besar dulu semasuknya di panci)
- masukkan asam jawa, garam dan royco
- Rebus daging pertama pake api sedang sampai mendidih setelah itu pake api kecil sampe betul-betul mateng dan bumbu meresap. Jangan lupa dibolak-balik biar nggak gosong. Pokoknya ngerebusnya lama deh ada kali 1,5 jam.
- Angkat, tiriskan dan potong daging kecil-kecil sesuai serat (lebih enak lagi kalo didiamkan dulu semalam sebelum digoreng
- Setelah itu baru digoreng…nyam..nyam..nyam…enaak!

  READ MORE >>   Resep Asyik.


11 Comments on “Empal Gepuk”

  1. Teh….miss you teh…
    empalmu bikin daku perihhhhhhhhhh beuteung euy…..
    he..he…

  2. Assalamu’alaikum bunda Agnes,
    Salam kenal..temannya Hermin yaa..Sama dong..(Siapa yg nanya yaa).
    Ijin nyontek resep empal gepuknya yaaa…

  3. Wa’alaikumsalam desi :-)

    Salam kenal juga ya. Monggo silahkan dicontek resepnya dan ditunggu laporannya ya :-) Iya, berarti kita sama-sama teman Hermin ya, salam buat hermin kalo ketemu ya :-)

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb.
    Hai Agnes masih inget teteh ga? saya Ida temennya mBa Ning di poltek, dulu teteh suka ke rmh Agnes sampe nginep segala. Seneng deh liat kehidupan agnes sekarang, bukunya juga bagus, blognya juga bagus banget ajarin donk he he… empalnya juga enak tenaant,,anak2 teteh empat2nya suka banget 1kg abis deh sehari semalam,,, trims ya

  5. March 19th, 2007 at 11:29 pm
    Agnes Tri Harjaningrum says:

    Wa’alaikumsalam…

    Hai juga teh :-) Iya teh inget banget, apalagi pas udah liat foto teteh di MP ga bakal lupa deh hehe.. Makasih ya teh udah mampir kesini. Aduh teh kalo soal bikin blog aku mah raja gaptek, ini mah dibikinin suamiku tercinta hehe…

    Soal empal, syukur deh teh kalo anak2 teteh suka, disini jg semua pada suka, cuma aku nih yg suka males bikin, dasar aku memang pemalas kalo urusan masak hehe kalo penasaran baru deh teh bikin. gitu dulu teh, sekali lg makasih yaa :-)

  6. August 31st, 2007 at 6:55 am
    arie farida says:

    Assalaamu’alaikum wr.wb

    Hi….saya arie, kmrn waktu browsing resep liat resep empal gepuk jd pengen nyobain. gak tau nich biarpun blom nikah tapi pengen bgt bisa masak he…he…he ;)

  7. September 16th, 2007 at 11:04 pm
    Agnes Tri Harjaningrum says:

    Wa’alaikumsalam Arie :-)

    Wah hebat blum nikah aja dah kepengen masak, mesti jd jago masak nanti ri, daku sih dulu udah punya anak 2 jg ga kenal dapur hehe. Met coba, smoga sukses ya :-)

  8. January 27th, 2008 at 2:55 am
    anggi utami says:

    Empal gepuk ini , kalo sama sayuran enaknya dihidangkan dengan sayuran apa?
    aq punya kapri sama buncis di rumah, enaknya dijadikan satu atau dimasak lain?
    sayuran apa lagi yang cocok untuk bareng sama empal gepuk ini?

    trims

  9. Gepuk enaknya sama sayur lodeh, bisa lodeh buncis or lodeh apa aja. Tp klo mau sama tumis2an jg ga masalah. Met makan ya :-)

  10. woooooooo…enak nih!