Salju Pertama

Hari ini, selasa, tanggal 28 Desember 2004, adalah hari pertama turunnya salju tebal di Groningen. Kemarin salju sudah mulai turun tapi masih tipis-tipis. Begitu bangun pagi hari, bunda langsung mengajak anak-anak melihat salju diluar. Wah indah sekali, semua jalan, atap rumah dan mobil berwarna putih. “Wah, hari ini tak boleh kita lewatkan begitu saja,kita harus keluar karena belum tentu besok-besok ada salju setebal ini” begitu kata ayah. Akhirnya, sekira jam 2 siang, kami keluar rumah berjalan kaki, ingin menikmati salju pertama, juga sekaligus berbelanja ke Aldi.

Wow, ternyata salju itu kalau dipegang tidak terlalu dingin ya, dan mudah sekali dibuat bola salju. Malik langsung berlari-lari bersama lala menikmati jalanan tertutup salju yang licin. Mereka juga asyik bermain lempar-lemparan bola salju. Malik memang hanya bisa membuat bola salju kecil, jadi dia meminta tolong bunda untuk membuatkannya. Oya kami melihat boneka salju yang dibuat oleh nenek tetangga sebelah flat kami. Lucu sekali, Malik langsung mengambil hidungnya untuk dipakai bermain.

Sambil bermain-main, tak lupa ayah mengabadikan gerak-gerik mereka dalam camera. Tentu saja kami juga berfoto bersama sekeluarga. Setelah itu kami pergi berbelanja ke toko Aldi. Malik mulai rewel karena mengantuk dan kedinginan juga barangkali.

Pulang dari berbelanja, Malik selalu minta digendong. Untung akhirnya dia mau diajak kompromi jalan sendiri walaupun diiringi omelannya sepanjang jalan “Aik mau naik sepeda, mana sepedanya? Aik capek bun…” Untungnya lagi, rumah kami tak terlalu jauh. Jadi, bunda tak perlu menggendongnya terlalu lama. Tapi kasihan sekali ayah kelelahan membawa barang belanjaan yang cukup berat, sampai kadang-kadang ayah menyeretnya he he.

Di jalan, kami melihat ada mobil penyapu salju. Di bagian atas mobil itu terdapat setumpuk garam yang kemudian disebarkan ke jalan. Begitu salju terkena garam, salju langsung mencair, berubah menjadi air, sehingga jalanan tidak lagi licin. Menurut ayah, garam dapat menurunkan titik beku air, sehingga bila salju diberi garam akan mencair meskipun suhu udaranya dibawah nol. Padahal, seperti dalam teori fisika, air mulai membeku pada suhu nol derajat. Begitulah cara kerja garam mencairkan salju. Setelah itu sampailah kami di rumah dengan perut keroncongan dan badan kedinginan. Hmm nyaman sekali berada di rumah.