Belajar Sayang Lingkungan dari Anak

Suatu sore ketika si bungsu pulang sekolah:
Bunda: “Malik, tolong belanja ke supermarket ya, ini daftarnya dan uangnya.”
Si bungsu:” Okay Bun!”
Dan berangkatlah si bungsu sambil sebelumnya tak lupa masuk ke gudang tempat menyimpan plastic-plastik bekas. To my surprise, rupanya ia mengambil satu bungkus plastic besar.
Bunda:”Eh Aik pinter bawa plastic sendiri dari rumah, biar ga usah beli plastic lagi ya Ik, sayang lingkungan ya?”
Si bungsu:”Iya Bun.”

Suatu sore ketika sedang jalan-jalan dan si bungsu muntah-muntah di plastik gara-gara mabok naik mobil (maklum ndeso, bawaannya naik sepeda jarang banget naek mobil :D)

Bunda: “Yuk cari tempat sampah tuk ngebuang bekas muntah Aik di plastik ini.”
Dan kami pun keliling-keliling cari tempat sampah. Setelah nemu tempat sampah besar, rupanya itu tempat sampah untuk penduduk setempat, jadi terkunci dan harus pake kartu.
Bunda:”Ga ada tempat sampah yang biasa Ik, udah deh Bunda taro deket pohon sini aja ya plastik bekas muntahnya, kan pasti nanti petugas sampahnya liat dan ambil.”
To my surprise (again), si bungsu dengan tegas menolak.
Si bungsu:”Nee (engga)! Sini plastiknya kasih ke Aik, biar Aik cari tempat sampah yang lain.”
Bunda: *blushing*…uuups…:D

Dan akhirnya setelah berjalan sekian lama, si bungsu pun menemukan tempat sampah biasa terbuka yang kecil lalu memasukkan sampah bekas muntahnya ke dalam.

Bunda:”Good zo Malik! Mm…Malik kenapa tadi ga mau taro sampahnya di dekat pohon tapi cari tempat sampah lain?”
Si Bungsu:”Aik ga mau bikin (slecht milieu) jelek lingkungan”
Bunda: *Blushing* (again)..uuups…kalo gitu tadi bunda udah niat mau bikin jelek lingkungan dong ya. Duh..duh..piye toh Mak, koq ga malu sama anak-e :D
Bunda: “Hoo..gitu Ik, bagus banget, siapa yang ajarin Aik?”
To my surprise (again and again)..eh si doi ngambek.
Si bungsu:”Bunda! Bunda mau Aik jelek sama milieu! Itu kan memang harus begitu Bun!”
Bunda:Uups…salah nanya.”Oke deh, iya memang harus gitu Ik, maksud bunda siapa yang kasih tau Aik koq Aik pinter. Hmm ooh iya Bunda inget…waktu di sekolah itu ya..waktu ada milieu dienst (petugas lingkungan) datang ke sekolah dan kasih Aik tas buat anak-anak itu ya. Kan kata Aik, Aik diterangin soal milieu kan.”
Si bungsu:”Iya…”

Hmm…okay deh..pantesan ini anak sadar lingkungan dari kecil, sekolah dan pemerintah sama-sama sangat mendukung. Entah apa dan bagaimana cara si petugas lingkungan itu memberikan pengarahan sampe bisa begitu membekas di kepala anak-anak. Kalo kata si bungsu nih (hasil penjelasan dari petugas), kalau dikit-dikit kita pake plastic, timbunan plastic yang meraksasa itu akan sangat sulit untuk dihancurkan oleh tanah, dan itu dampaknya sangat jelek buat lingkungan. Hayu atuh mari kawan, jangan mau kalah sama anak-anak yang dari kecil sudah sadar lingkungan. Mari kita mulai sayangi lingkungan sekitar dengan at least buang sampah ke tempatnya, dan bawa kantong sendiri dari rumah kalo mau belanja, oke? :)